Lifestyle
Jumat, 19 Oktober 2012 - 18:32 WIB

Wow, Eksotisnya Air Terjun Binangun Watu Jadah Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Air terjun Sendang Pelangi yang terletak di kawasan objek wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah di Jatipurno, Wonogiri. Tempat ini masih belum banyakj dikenal orang sehingga masih belum banyak terjamah. (JIBI/SOLOPOS/Andi Sumarsono)

Air terjun Sendang Pelangi yang terletak di kawasan objek wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah di Jatipurno, Wonogiri. Tempat ini masih belum banyakj dikenal orang sehingga masih belum banyak terjamah. (JIBI/SOLOPOS/Andi Sumarsono)

Air terjun Binangun Watu Jadah terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, sekitar 43 kilometer arah timur Wonogiri. Wisata ini baru ditemukan warga sekitar pada 30 Desember 2011 lalu. Jika anda penggemar wisata air terjun, selayaknya mengunjungi objek wisata yang masih perawan ini.
Advertisement

Jika memulai perjalanan dengan menjadikan Kantor Kecamatan Jatipurno sebagai patokan, maka perjalanan ditempuh ke arah utara sejauh 13 kilometer lalu sampailah ke lokasi tersebut, dilanjutkan berjalan kaki melewati jalan setapak sepanjang 260 meter. Suasana sepi menemani perjalanan memasuki daerah wisata ini, alamnya masih perawan, banyak hijau pepohonan pinus dan berhawa dingin.

Memang belum banyak orang tahu keberadaan daerah wisata tersebut. Air terjun yang terletak pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut didukung dengan empat objek wisata lain yang saling berdekatan membuat kita tak merasa rugi menempuh perjalanan jauh. Suara gemericik air yang terdengar sayup-sayup dari kejauhan seperti air yang jatuh menimpa gamelan. Menurut Camat Jatipurno, Agus Sarwanto, aliran air terjun tersebut terdengar dari kejauhan seperti bunyi tabuh gamelan dan warga sekitar menyebut gamelan gaib.

Air terjun setinggi 40 meter tersebut memiliki tiga aliran air terjun yang cukup indah. Saking bersihnya, orang kadang suka meminum air langsung dari guyuran air terjun itu. Di tempat ini ada lagi objek wisata yang tak kalah indah yaitu Sendang Pelangi, air terjun setinggi 20 meter dengan bebatuan air terjun yang terlihat jelas warna warni seperti pelangi.

Advertisement

Petugas Kecamatan Jatipurno, Gito, menuturkan masih ada lokasi lain yakni Batu Lokananta atau batu besar menyerupai tempat duduk dan meja peninggalan raja masa lampau, Batu Sila Candra Kirana seperti bebatuan kecil pada dinding tebing yang tertata rapi, lalu Candi Singa Dalem yaitu bebatuan yang tertata pada dinding tebing menyerupai bentuk candi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif