Soloraya
Senin, 8 Oktober 2012 - 15:34 WIB

Akhir Pekan, Perjalanan Railbus Diusulkan Ditambah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo mengusulkan penambahan jadwal pemberangkatan Railbus Batara Kresna di akhir pekan. Penambahan itu diharapkan semakin menggeliatkan perekonomian dan wisata di Kota Solo.

Advertisement

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishubkominfo, Sri Indarjo, saat ditemui di Laweyan, Minggu (7/10/2012), Railbus memiliki potensi mendongkrak tingkat kunjungan wisata pada akhir pekan, terlebih kunjungan warga Jogja. Sementara saat ini, imbuhnya, pemberangkatan Railbus dari Jogja hanya terjadi sekali yakni pukul 14.15 WIB.
“Dengan potensi yang ada, sayang sekali jika Railbus hanya memiliki satu pemberangkatan. Kami usul agar ada penambahan jadwal menjadi dua kali di akhir pekan,” ujarnya.

Indarjo mengatakan, usulan tersebut tak lepas dari masukan stakeholders bisnis dan pariwisata yang ada di sepanjang Jl Slamet Riyadi. Menurutnya, Railbus dan para stakeholders bisa saling menguntungkan dengan penambahan jadwal pemberangkatan tersebut.

“Saat akhir pekan, penumpang Railbus dari Jogja bisa dibilang relatif penuh. Dua gerbong berkapasitas 90 orang sering terisi semua. Dengan adanya dua perjalanan, otomatis Railbus bisa berhenti lebih sering di lokasi perbelanjaan,” tuturnya.

Advertisement

Ditambahkan Indarjo, rencana tersebut pernah disampaikannya kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat rapat bersama Disbudpar Solo dan stakeholder perhotelan tiga pekan lalu. Meski demikian, hingga kini pihaknya belum diberi kejelasan ihwal wacana penambahan jadwal tersebut.

“Kami masih menunggu PT KAI. Kami tahu ini butuh proses.”

Sementara itu, Pejabat Humas PT KAI Daops VI Jogjakarta, Eko Budiyanto, siap mengkaji peluang penambahan perjalanan Railbus Jogja-Solo. Pada prinsipnya, imbuh dia, penambahan jadwal pemberangkatan Railbus masih dimungkinkan.

Advertisement

“Nanti akan kami kaji dulu terkait kesiapan masinisnya, kepadatan trayeknya. Namun jika melihat jadwal Railbus saat ini, kami kira penambahan itu dimungkinkan,” jelasnya.

Menyikapi wacana tersebut, pihaknya berencana berkomunikasi lebih lanjut dengan Dishubkominfo. Secara khusus, pihaknya mendukung rencana itu bisa direalisasikan. “Ide ini bagus, apalagi melihat kondisi Prameks sekarang. Penambahan armada jelas belum mungkin. Saat ini yang bisa diupayakan adalah penambahan jadwal perjalanan,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif