PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2012
Cuma 35% Lolos Passing Grade

cpns

JAKARTA – Dari sekitar 165.000 peserta tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun 2012, hanya sekitar 40.000 atau sekitar 35 persen yang memenuhi ambang batas (passing grade) kelulusan. Jumlah itu juga belum bisa memenuhi formasi jabatan, sehingga diperkirakan terdapat sejumlah formasi yang tidak terisi.

Kendati demikian, pemerintah tidak akan menurunkan passing grade. “Wakil Presiden sudah menegaskan agar passing grade tidak diturunkan. Kalau ada instansi yang minta menurunkan untuk jabatan tertentu, saya tidak merekomendasikan,” ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E. Naibaho dalam rapat koordinasi dengan 41 instansi penyelenggara rekruitmen CPNS, di Jakarta, Senin (25/09) seperti dilansir laman resmi Kemenpan dan RG, www1.menpan.go.id.

Pascapenyerahan hasil pengolahan lembar jawaban komputer (LJK) tes kompetensi dasar (TKD) di BPPT, Rabu tanggal 19 September 2012, instansi penyelenggara rekruitmen CPNS diharapkan segera mengumumkan hasilnya. Namun ternyata sejumlah instansi menyikapinya secara beragam.

Ada yang langsung bereaksi, lantaran banyak lembar jawaban komputer (LJK) yang tidak valid, dan melayangkan surat ke Kementerian PAN dan RB. Namun ada juga instansi yang sama sekali belum menyentuh hasil pengolahan LJK tersebut. Di pihak lain, harus diakui bahwa masyarakat, terutama peserta tes CPNS sangat menunggu hasilnya.

Sebenarnya, Kementerian PAN dan RB, melalui situs www.menpan.go.id juga telah merilis hasil TKD, yang bisa diakses dengan memasukkan nomor tes peserta. Tampilan yang muncul, adalah nilai hasil TKD tanpa ada penjelasan apakah peserta test tersebut lolos atau tidak.

Hal ini beralasan,  karena pihak yang berwenang mengumumkan lulus tidaknya peserta TKD adalah pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing instansi. “Namun kelulusan didasarkan pada nilai ambang batas atau passing grade hasil ujian kompetensi dasar,” ujar Ramli.

Seperti diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB No. 233 tahun 2012,  apabila jumlah yang memenuhi nilai ambang batas melebihi jumlah formasi jabatan yang telah ditetapkan, maka penetapan selanjutnya berdasarkan rangking nilai tertinggi berurutan nilai berikutnya, sampai dengan jumlah alokasi formasi masing-masing jabatan.

Untuk instansi yang hanya menyelenggarakan TKD, bila jumlah peserta  yang mencapai nilai ambang batas kelulusan sama atau kurang dari jumlah alokasi formasi, maka peserta TKD yang mememuhi passing grade dinyatakan lulus.

“Bisa jadi,  ada formasi yang tidak terisi, kalau ternyata jumlah peserta TKD yang lulus passing grade pada posisi dimaksud kurang dari jumlah formasi yang ditetapkan,” ujar Asisten Deputi SDM Aparatur Nurhayati.

Ditambahkan, kalau peserta yang nilai TKD-nya lebih dari jumlah alokasi formasi yang ditetapkan, maka penentuan kelulusan berdasarkan peringkat nilai tertinggi, mulai dari karakteristik pribadi, intelegensia umum dan wawasan kebangsaan.

Namun, apabila jumlah pelamar yang memenuhi passing grade kurang dari jumah alokasi formasi yang ditetapkan, kekurangan itu dapat diisi dari pelamar jabatan lain yang kualifikasi pendidikannya sama. “Tetapi juga harus memenuhi passing grade,” tambahnya.

Dijelaskan, untuk SLTA/sederajat, passing grade-nya 25 untuk tes karakteristik pribadi, dan masing-masing nilainya 5 untuk intelegensia umum, dan wawasan kebangsaan. Sedangkan untuk  DII/DIII/sederajat, kartakteristik pribadi ditetapkan 27,5; intelegensia umum dan wawasan kebangsaan masing-masing harus 7,5.

Sementara itu untuk S1/ DIV ke atas, karakteristik pribadi minimal harus 30; intelegensia umum 15; dan wawasan kebangsaan 10. Ditambahkan, dari 200 soal dalam TKD, setiap jawaban yang benar mendapatkan nilai 0,5, sehingga kalau benar seluruhnya, total nilainya 100.

Selain passing grade, ada hal lain yang bisa menggugurkan peserta, yang dikategorikan invalid. “Ada ribuan peserta yang invalid,” ujar Nurhayati.

Hal ini terjadi, antara lain karena tidak ada tandatangan di daftar hadir, kurang lengkap pengisian LJK, terbukti melakukan kecurangan dalam  ujian tulis, bisa juga karena  LJK tidak terbaca oleh komputer ketika proses scanning di BPPT,” ujarnya.

Nurhayati juga mengungkapkan, bagi instansi yang menyelenggarakan ujian kompetensi bidang atau test psikologi lanjutan,  peserta yang sudah memenuhi passing grade, dan memenuhi urutan rangking nilai, belum tentu lulus CPNS.

Nilai kelulusan ditentukan berdasarkan peringkat nilai tertinggi dari gabungan nilai TKD dan TKB. Kalau setelah digabung, ternyata ada yang nilainya sama, maka yang lulus adalah peserta yang hasil TKD-nya lebih tinggi.

Dikatakan juga, ada beberapa instansi yang sebelum melaksanakan TKD sudah menyelenggarakan TKB. Misalnya Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan tes kesamaptaan/tes fisik. Dalam hal ini, meski sudah lulus TKB, tetapi ternyata tidak lolos TKD, maka pelamar dimaksud harus dinyatakan tidak lulus.

Editor: | dalam: Peristiwa |

Berita Terkait



Iklan Cespleng
  • Butuh karyawan/I

    Butuh karyawan/I Untuk Marketing&Operasional Syarat:Islam Taat, SIM A/Kendaraan Sendi…

  • Dijual TRUCK COLT Diesel

    Dijual TRUCK COLT Diesel tahun 1994 Bak,Bus 3/4’97 Bd Br. Hubungi:2073802/0877363189…

  • Butuh segera:Apoteker

    Butuh segera:Apoteker, Punya STRA Untuk Apotik diPalur. Hubungi:089619093828…

  • Dijual APV ARENA SGX

    Dijual APV ARENA SGX tahun 2009, warna Merah Tua Metalic, Bagus, Siap Pake, harga Rp100.00…

  • DRAFTER TEKNIK&Interior Setara STM

    DRAFTER TEKNIK&Interior SetaraSTM Bangunan(SMK/SMEA)/Pa.IndecPratama Jl.Ringroad Timu…

  • DIJUAL RUMAH

    DIJUAL RUMAH LT515 LB357 Hak Milik Di Jagalan 164 Solo Hubungi:Pemilik 081284057069/081284…

  • Dijual cepat Yaris

    Dijual cepat Yaris tahun 2008, Manual Transmission, Asli AB, Tangan pertama, Istimewa, har…

  • Dijual AMENITY

    Dijual AMENITY tahun 1991/1992, plat AD, 2Pintu(AC/DVD/VR/Remot), warna Biru Metalik, Isti…

  • Dibutuhkan TENAGA Pembimbing

    Dibutuhkan TENAGA Pembimbing Kursus Kumon Sragen, Lulusan D3/S1. Gaji Bulanan&Menarik…

  • PROMO SPESIAL Akhir Tahun

    PROMO SPESIAL Akhir Tahun Toyota Disc Max DP Min ++ Bonus Info H:Derry 085725001122/7EA9B9…

  • PROMO TOYOTA Akhir Tahun Avanza

    PROMO TOYOTA Akhir Tahun Avanza DP 20Jtan + Bonus + Disc Besar H=085722140202/31599BE5(Akb…

  • Dijual REVO

    Dijual REVO tahun 2013 AKH, warna Hitam Merah, Atas nama Sendiri, plat AD-E, Kondisi Istim…

  • Dicari:Admin

    Dicari:Admin, Pengalaman 1 tahun, D3,Bisa Komp Kirim Ke:Sri Agung Jl.Veteran 22 Bekonang(U…

  • SERVICE PANGGIL

    SERVICE PANGGIL, TV, Kulkas, Mesin Cuci, Water Heater, Pompa Air, Kompor Gas, Dll. Hubungi…

  • DICARI KAPSTER berpengalaman.

    DICARI KAPSTER berpengalaman. Hubungi:082323449111/085867852500…

  • Dijual YARIS TYPE S

    Dijual YARIS TYPE S Tahun 2007, warna Silver, transmisi Matic Antik, harga Rp115.000.000.

  • MENCARI JASA Desain

    MENCARI JASA Desain Interior3D Renders3DMax, Fee Bagus. Hubungi:082225000080…

  • Dijual TERIOS TX

    Dijual TERIOS TX, warna Silver tahun 2011 Istimewa, Mulus, Kilometer Dekat, plat AD, Tanga…

  • Dijual PANTHER SPORTY

    Dijual PANTHER SPORTY tahun 1997, warna Merah, Ban Baru, AC, Tape, harga Rp65.000.000/Nego…

  • Dijual JAZZ RS

    Dijual JAZZ RS tahun 2010, transmisi Manual, plat AD, Tangan pertama, warna Abu-abu Metali…

Menarik Juga »