News
Selasa, 25 September 2012 - 16:48 WIB

PUTRA JOKOWI (II): Marketing Gibran Dilarang Terima Order dari Pemkot

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming (Foto: Dokumentasi)

Gibran Rakabuming (Foto: Dokumentasi)

SOLO–Dari modal pinjaman bank putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming, 25,  memulai petualangan perdananya di bidang kuliner dengan membuka catering Chilli Pari.

Advertisement

Keterbatasan modal membuatnya harus membuat prioritas. Tapi bukan untuk membeli bahan makanan seperti halnya katering pada umumnya tapi untuk membangun kantor. Dia sengaja memprioritaskan penampilan kantor depannya yang mirip restoran mini.

“Pertama kali yang penting kantor depan dulu harus bagus. Di belakang dulu belum ada apa-apa, cuma ada satu kompor.”

Dengan kantor yang bagus itulah dia berupaya menarik konsumen. “Kantor ini sebenarnya digunakan sebagai test food. Sebelum pelanggan pesan, mereka bisa mencoba dulu makanannya.”

Advertisement

Konsep baru ini pun tidak bisa langsung menarik konsumen secara instan. Umumnya pelanggan lebih percaya dengan katering atau restoran yang sudah punya nama.

Gibran pun menerjunkan tim pemasaran untuk menjemput pasar. Upayanya tak langsung membuahkan hasil dan harus menerima penolakan sampai pembatalan pesanan gara-gara namanya belum dikenal.

Pelan-pelan tim marketing pun mulai menjaring para konsumen yang kebanyakan kalangan menengah ke atas. Gibran pun ikut turun tangan sendiri meyakinkan calon konsumen di kantor maupun di rumah-rumah. Kini  kateringnya menjadi salah satu katering yang diperhitungkan di Kota Solo.

Advertisement

Meski demikian dia tetap menolak memanfaatkan nama ayahnya sebagai orang nomor satu di Solo untuk mendongkrak usahanya. “Saya sudah tekankan pada tim marketing untuk menolak pesanan dari Pemkot.” (Bersambung)

Baca: PUTRA JOKOWI (I): Gibran Tak Andalkan Jokowi, Keluar Masuk Bank Cari Pinjaman

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif