Jogja
Jumat, 21 September 2012 - 14:37 WIB

PENETAPAN GUBERNUR: Ini Dia Visi Misi Gubernur DIY

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sri Sultan HB X (JIBI/Harian Jogja/dok)

Sri Sultan HB X (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA — Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan visi dan misinya dalam Rapat Paripurna DPRD DIY, Jumat (21/9).

Advertisement

Menurut Sultan, visi dan misi itu merupakan pendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025 dengan tema Menyongsong Peradaban Baru.

Di dalam RPJPD 2005-2025 disebutkan pembangunan DIY dilandasi filosofi hamemayu hayuning bawana yang mengandung makna, “kewajiban melindungi, memelihara dan membina keselamatan dunia”.

“Dengan dasar filosofi itu, visi pembangunan DIY tahun 2025 adalah mewujudkan DIY menjadi pusat pendidikan, budaya dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera,” ujar Sultan.

Advertisement

Adapun misi RPJPD 2005-2025 adalah sebagai berikut:

1. Mewujudkan pendidikan berkualitas, berdaya saing, dan akuntabel yang didukung sumber daya pendidikan yang andal.
2. Mewujudkan budaya adiluhung yang didukung dengan konsep, pengetahuan budaya, pelestarian dan pengembangan hasil budaya, serta nilai nilai budaya secara kesinambungan.
3. Mewujudkan kepariwisataan yang kreatif dan inovatif.
4. Mewujudkan sosio kultural dan sosio ekonomi yang inovatif berbasis kearifan budaya lokal, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan rakyat. (ali)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif