Ritual Cupu Panjalu (Foto: Dokumentasi) Ritual Cupu Panjalu (Foto: Dokumentasi)
Selasa, 18 September 2012 22:15 WIB Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja Peristiwa,Pilkada Share :

RITUAL CUPU PANJALA
Angka 3 Keluar Paling Banyak, Jokowi kah?

Ritual Cupu Panjalu (Foto: Dokumentasi)

GUNUNGKIDUL—Kain pembungkus Pusaka Cupu Panjala dibuka, Selasa (18/9/2012) dini hari, di rumah ahli waris pusaka, Dwijo Sumarto di Padukuhan Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Sebagian masyarakat percaya gambar-gambar yang muncul pada kain pembungkus pusaka menjadi pertanda peristiwa yang akan terjadi di masa datang. Baik di bidang sosial, politik maupun ekonomi.

Ribuan pengunjung antusias ingin mengetahui gambar apa saja yang muncul pada kain pembungkus pusaka berbentuk guci itu. Menurut keyakinan sejumlah warga, gambar-gambar itu menjadi pertanda peristiwa yang akan terjadi di masa datang baik di bidang sosial, politik maupun ekonomi.

Uniknya, salah satu gambar yang muncul adalah angka tiga. Angka itu muncul dua kali pada dua lapis kain pembungkus Cupu Panjala.  Apakah ini terkait dengan Pilgub DKI Jakarta?

Sejumlah pihak pun menafsirkan hal itu sebagai pertanda kemenangan Jokowi-Ahok yang bernomor urut tiga dalam Pilkada DKI Jakarta yang akan memasuki putaran kedua.

Dua politikus PDIP dan anggota DPRD Gunungkidul, Sutarpan dan Suharno yang mengikuti ritual itu pun mengaku senang dengan kemunculan angka tiga itu.

“Tapi saya sempat khawatir karena ada gambar di kafan seorang berkumis bermata besar,” ujar Sutarpan yang juga kerabat Dwijo Sumarto.

Beberapa gambar yang muncul antara lain merang, kendi serta sejumlah tokoh pewayangan. Ditemukan pula irisan tembakau, cengkih, cabai, kulit pohon dan serat kayu.

“Tahun ini banyak gambar positif yang muncul dibandingkan gambar-gambar dua tahun terakhir yang sempat membuat perasaan terus waswas,” kata Ketua Pepadi Gunungkidul, Heri Nugraha yang juga polisiti Golkar di DPRD Gunungkidul.

Suharno berharap kemunculan irisan tembakau, cengkih, cabe, kulit pohon dan serat kayu menjadi pertanda untuk membaca peluang pertanian ke depan.

“Tadi muncul tokoh wayang Dewi Kunthi yang merupakan ibu dari tokoh Arjuna. Kunthi itu pernah menjadi duta Pendawa untuk salah satu misi ke Hastinapura. Ini ditambah adanya gambar perempuan rambut panjang diikat di atas dengan mengenakan pakaian serempang yang menurut saja meyerupai tokoh perempuan,” papar Harno.

Gambar lain yang dianggap bermakna positif adalah Petruk berjoget pada lapisan terakhir kain kafan pembungkus pusaka. Sejumlah gambar tokoh pewayangan lain yang muncul pada lapisan kain antara lain Wisanggeni, Narada, Samba dan Kumbukarna.

Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, CB Supriyanto yang turut hadir mengatakan, gambar atau benda apapun yang ditemukan dalam ritual itu menjadi pemaknaan diri pribadi masing-masing. Menurut dia, baik buruknya makna setiap gambar dan benda sangat relatif dan beragam. Dia mengimbau semua pihak menyikapi secara dewasa dalam memandang nilai tradisi kebudayaan.

lowongan kerja
lowongan kerja PT ALAT BANTU DENGAR INDONESIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • L300 PU’2008

    L300 PU’2008 Hitam,Pjk Gres,AD-Solo(80Jt Saja)Siap Kerja:784148…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • XENIA Li’2007

    XENIA Li’2007 Silver VR AC TP Msn Bd PjkBr Istw 82Jt085100051511…

  • Lowongan Sopir,Serabutan &ADM

    PENYALUR VARIASI Mobil Smrg Cr Kryw:Mau Krj,Bs Diprcaya,Sopir:SMA,SIMA 25-35Th,Srbtn:Pria SMA SIM C,2-25Th,Adm…

  • KARIMUN GX’2005

    KARIMUN GX’2005 Htm,M/T,AD-Solo,PjkBr(70),LsgPkai:087735002228…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • Lowongan Pengasuh Bayi

    BUKAN PENYALUR,Diutamakn Dr Daerah,Putri Max30th,Pengasuh Bayi Cewek 1Th Lbh&Kbersihan,Wjb TdrDlm DiSolo…

  • CITY Vtex’2000

    HONDA CITY Vtex’2000 Merah VR AC TP MsnBdy Ist64Jt085100051511…

Leave a Reply



PROMO SPESIAL
Dalam Bayang-Bayang Lenin [Cover Baru]
WONDERFUL LIFE: THE NOVEL
Dari Mao Ke Marcuse [Cover Baru]
Pemikiran Karl Marx ( Cover Baru)

Kolom

GAGASAN
Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…