Lifestyle
Selasa, 18 September 2012 - 11:14 WIB

Agar Tetap Bersemangat Walau Kurang Tidur

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ( Thinkstock)

Ilustrasi ( Thinkstock)

Tidur merupakan saat tubuh beristirahat dan memulihkan kembali energi yang terbuang saat beraktifitas di siang hari. Idealnya, orang dewasa perlu tidur selama 6-8 jam dalam sehari. Namun karena saking banyaknya kesibukan, tidak semua orang dapat selalu memenuhi jam tidurnya.

Advertisement

Apabila ini terjadi, maka bisa dijamin badan akan terasa lemas sehingga tidak optimal untuk beraktifitas keesokan harinya. Bahkan kurang tidur telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung dan depresi.

Seperti dilansir Medical Daily, Selasa (18/9/2012), ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat melewati hari dengan tetap semangat meskipun jam tidur yang dimiliki minim.

1. Perhatikan Asupan Makanan
Jika kurang beristirahat, sebaiknya perut tetap kenyang. Pastikan memakan menu yang sehat saat sarapan, makan siang atau makan malam agar tubuh mendapat cukup nutrisi yang membuat tubuh tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan mencegah tubuh menjadi lesu dan jatuh tertidur.

Advertisement

Makanan yang perlu dikonsumsi adalah biji-bijian yang merupakan sumber energi, buah-buahan untuk menyegarkan pikiran dan dapat menyediakan gula dengan cepat, serta protein yang mengandung asam amino untuk meningkatkan energi.

2. Jogging
Pakar kesehatan menyarankan bahwa jogging dapat melepaskan endorfin yang merupakan pereda nyeri alami, peningkat energi dan penguat jantung. Berolahraga juga dapat menjadi pendorong mood yang positif. Namun berolahraga terlalu banyak dapat membuat tubuh jadi lebih lamban. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga dalam taraf sedang.

3. Kafein
Kafein adalah zat pahit yang ada dalam kopi, teh, minuman ringan, coklat, beberapa obat-obatan dan kola. Kafein dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dengan cara merangsang sistem saraf pusat. Akibatnya tubuh jadi lebih waspada dan energi juga akan meningkat.

Advertisement

Namun terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan gejala gemetar dan pusing. Perlu diingat bahwa tubuh menyerap dan membuang kafein dengan cepat. Setelah 8 – 10 jam, 75 persen kafein sudah dibuang dari tubuh.

4. Tidur
Cara terbaik untuk mengatasi kelelahan karena kurang tidur adalah dengan tidur. Kekurangan tidur yang akut berkaitan dengan risiko gangguan kesehatan yang parah. Tidur barang sebentar selama 20 – 60 menit di siang hari sudah cukup untuk meningkatkan energi.

Advertisement
Kata Kunci : Kurang Tidur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif