Jogja
Rabu, 12 September 2012 - 09:25 WIB

Stadion Sultan Agung Akan Dipercantik

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Stadion Sultan Agung, kandang Persiba dalam waktu dekat ini akan disempurnakan pembangunannya yang belum sepenuhnya selesai.

Jalan areal stadion yang selama ini baru setengahnya diaspal, akan segera diaspal secara keseluruhan. Atap tribun VIP stadion yang selama ini baru dikerjakan setengahnya, juga akan dituntaskan sampai seluruh tribun VIP tertutupi.

Advertisement

Papan skor pertandingan pun tak lepas dari sasaran perbaikan, dan akan dibuat berstandar internasional.

“Upaya kami mengarah kepada penyempurnaan stadion itu dalam waktu dekat ini. Tak mungkin kami biarkan ketika Persiba yang menggunakan stadion ini berkompetisi di kancah nasional, tapi jalan stadionnya masih becek kalau hujan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bantul, Heru Suhadi kepada Harian Jogja belum lama ini.

Rencananya proses penyempurnaan stadion ini akan mulai dilakukan awal Oktober mendatang. Diprediksi, belum sampai akhir tahun proyek ini sudah selesai, sehingga musim kompetisi mendatang Ugiek Sugiyanto dkk sudah bisa menggunakan kandangnya kembali.

Advertisement

“Semuanya telah siap, tinggal proses penggerjaan saja,” tandas Heru singkat.

Tahun lalu, ketika kompetisi belum dimulai, SSA telah diverifikasi oleh AFC. Hasil verifikasi tim dari AFC kala itu menyebutkan, stadion yang terletak di kawasan Sewon, Bantul itu masuk kualifikasi jika hanya digunakan untuk menghelat kompetisi tingkat nasional. Namun, SSA dinyatakan benar-benar tak layak untuk difungsikan untuk menggelar laga internasional sekaliber Liga Champion Asia (LCA).

Berbagai aspek yang membuat SSA dinyatakan tak layak untuk menggelar SSA di antaranya kondisi jalan areal stadion yang belum beraspal dan belum adanya penomoran tempat duduk di tribun stadion itu, serta belum adanya lampu penerangan kala itu.

Advertisement

“Mempertimbangkan kelengkapan persyaratan untuk bisa berstandar internasional itulah kami segera ingin menyempurnakan stadion ini,” pungkasnya.

Sejak memiliki lampu penerangan yang selesai dipasang akhir Desember 2011 lalu, SSA sering dimanfaatkan untuk menggelar event sepakbola berskala nasional. Tercatat sudah empat kali Timnas Indonesia memanfaatkan stadion ini untuk mematangkan program latihan skuat Garuda. Partai grand final Piala Indonesia, antara Semen Padang dan Persibo Bojonegoro, pada Juli lalu juga dihelat di stadion ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif