Entertainment
Rabu, 12 September 2012 - 16:24 WIB

SOLO KERONCONG FESTIVAL: 2 Orkes Keroncong Asal AS dan Singapura Turut Tampil

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pagelaran musik keroncong (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Pagelaran musik keroncong (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO–Perhelatan Solo keroncong festival 2012 yang digelar Jumat-Sabtu (14-15/9/2012) mendatang di Ngarsopuro bakal menghadirkan dua orkes keroncong (OK) dari luar negeri. OK Pantai Barat asal Amerika akan tampil pada Jumat (14/9/2012). Sementara, OK D’ Temasik asal Negeri Singa Singapura tampil sebagai penutup acara pada pada Sabtu (15/9/2012).

Advertisement

Ketua Panitia Solo Keroncong Festival, Willi Tandio Wibowo, Rabu (12/9/2012), menjelaskan kedua kelompok keroncong tersebut awalnya  mengajukan diri untuk menjadi pengisi acara dalam Solo Festival Keroncong. Melihat tipe musik yang mirip dengan Indonesia, akhirnya permintaan orkes keroncong yang salah satu anggotanya pernah belajar di Indonesia itu disetujui.

“Karakternya sama. Kebanyakan pemainnya pernah belajar dari Solo,” ucap Willi saat usai jumpa pers di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dikbudpar) Solo.

Selain kedua orkesta asal luar negeri itu, Solo Keroncong Festival juga bakal menghadirkan sebanyak 14 orkes keroncong level nasional. Ditambah penampilan sederetan artis keroncong ternama seperti Rama Aipama dan Mamiek Slamet.

Advertisement

Kepala Dikbudpar Solo, Widi Srihanto, Rabu, menambahkan sebanyak 30% grup yang bakal tampil dalam Solo Keroncong Festival mayoritas anak muda. Cara itu dilakukan untuk membangun motivasi para musisi dan penikmat keroncong muda.

Penyelenggaraan Solo Keroncong Festival tahun ini, kata Widi, memiliki banyak perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satunya ialah diadakannya seminar nasional tentang musik keroncong. Mengingat masih minimnya kepedulian masyarakat terhadap jenis musik tradisional yang satu ini.

“Kedepan semoga keroncong bisa diolah sebagai industry musik yang tak sekadar event,” ucapnya kepada wartawan seusai tampil jumpa pers.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif