9 Penari Hipnotis Delegasi Konferensi FACP

Penari Gambyong menghibur sejumlah delegasi peserta konferensi Federation of Asian Culture Promotion (FACP) ke-30, di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (6/9/2012) malam. Digelarnya FACP ke-30 di Kota Solo menjadi pilihan yang tepat sebagai langkah evolusi Indonesia untuk menunjukkan kebudayaannya kepada masyarakat dunia. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)Penari Gambyong menghibur sejumlah delegasi peserta konferensi Federation of Asian Culture Promotion (FACP) ke-30, di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (6/9/2012) malam. Digelarnya FACP ke-30 di Kota Solo menjadi pilihan yang tepat sebagai langkah evolusi Indonesia untuk menunjukkan kebudayaannya kepada masyarakat dunia. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Sembilan penari yang gemulai membawakan Tari Gambyong di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Kamis (6/9/2012) malam, menghipnotis tamu yang hadir.  Di tempat itu sebanyak 111 delegasi perwakilan 30 negara menghadiri acara jamuan makan malam yang merupakan bagian dari konferensi Ke-30 Federation of Asian Culture Promotion (FACP).

Salah satu delegasi dari China, Nan Meng, mengungkapkan kekagumannya terhadap Tari Gambyong. ”Sangat indah tariannya. Jelas, ini sangat berbeda dengan tarian yang ada di China,” tuturnya kepada wartawan di sela-sela  jamuan makan malam tersebut.

Pimpinan FACP, Hsu Po-Yun, dalam sambutan saat acara tersebut menyampaikan digelarnya FACP ke-30 Kota Solo tepatnya menjadi pilihan yang tepat sebagai langkah evolusi Indonesia untuk menunjukkan kebudayaannya kepada masyarakat dunia.

”Digelarnya FACP di Indonesia, mendukung Asia untuk menunjukkan kebudayaannya yang tidak kalah dibanding Amerika dan Eropa,” katanya.

Konferensi Ke-30 FACP di Solo ini bertajuk Merupa Seni Tradisi Seiring Zaman–Memasarkan Seni Asia Mendunia. Selama konferensi FACP , Kamis-Minggu (6-9/9/2012), di The Sunan Hotel, para peserta bisa melakukan pertukaran informasi bisnis pertunjukan antaran kurator dan produser dari berbagai negara.

Tak hanya mengikuti konferensi, para delegasi bersama warga Solo juga bisa menikmati sajian tarian kolosal pertunjukan Matah Ati di Mangkunegaran yang diadakan Sabtu-Senin (8-10/9/2012).

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), berharap konferensi tersebut menjadi event promosi tradisional dan kebudayaan. Dia pun berharap FACP terus digelar.

Editor: | dalam: Solo |
Menarik Juga »