REMUNERASI
PNS di 20 Kementerian Peroleh Remunerasi

Agus Martowardojo (JIBI/SOLOPOS/dok)Agus Martowardojo (JIBI/SOLOPOS/dok)

Agus Martowardojo (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA—-DPR dan Pemerintah menyetujui pencairan anggaran remunerasi pegawai negeri sipil 20 kementerian/lembaga pada 2013. Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,92 triliun untuk tunjangan remunerasi 20 instansi yang telah berhasil menyelesaikan program reformasi birokrasi.

Kementerian/lembaga yang tahun depan direncanakan mendapatkan remunerasi adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Kepegawaian Negara serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Remunerasi juga akan diberikan pada Badan Koordinasi Penanaman Modal, Badan Pusat Statistik, Lembaga Ketahanan Nasional, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pertanian.

Instansi lainnya adalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Narkotika Nasional, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Lembaga Sandi Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,dan Lembaga Administrasi Negara.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pemerintah membutuhkan tambahan anggaran Rp2,81 triliun pada RAPBN 2013, sedangkan sisanya akan didanai melalui realokasi anggaran.

Dia mengatakan remunerasi PNS 18 kementerian/lembaga sudah disetujui komisi DPR mitra kerja masing-masing.

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan tidak perlu realokasi, Kemenpera masih belum dibahas di Komisi V,” jelas Menkeu di Jakarta, Selasa (4/9/2012).

Agus mengatakan remunerasi gaji PNS 20 kementerian/lembaga tersebut memang akan menambah beban anggaran pegawai dalam APBN.

Namun, dia menegaskan remunerasi diharapkan bisa meningkatkan pelayanan dan kinerja PNS sekaligus menghilangkan berbagai beban honorarium di dalam anggaran belanja pegawai.

“Memang akan menambah beban pegawai, tapi tidak apa-apa. Tunjangan memang harus dilakukan,” kata Menkeu.

Pemerintah menganggarkan Rp241,12 triliun untuk belanja pegawai dalam RAPBN 2013 atau naik dari pos belanja pegawai dalam APBNP 2012 sebesar Rp212,25 triliun.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Herry Purnomo menjelaskan tambahan anggaran akan dialokasikan pos anggaran bagian anggaran (BA) 999 yang pencairannya membutuhkan persetujuan DPR.

Adapun sisa kebutuhan didanai melalui realokasi anggaran untuk tunjangan di masing-masing kementerian/lembaga bernilai total Rp108,33 triliun yang akan dilebur ke dalam tunjangan remunerasi.

Editor: | dalam: News |

13 Komentar pada “REMUNERASI: PNS di 20 Kementerian Peroleh Remunerasi”

  1. kotajogja
    30 November 2012 pukul 09:31

    Apa nasib PNS kementerian/lembaga lain yang belum remunerasi ya? Gaji dan tunjangan mereka bahkan lebih rendah dari UMP Jakarta, lebih rendah dari gaji buruh. Mana sebasib sepenanggungannya PNS?

  2. chalid sh
    5 Desember 2012 pukul 10:31

    semoga mata pemerintah cepat terbuka. keadilan selalu didepan. jangan buat pns lainnya merasa dianak tirikan sehingga bermunculan kata2 yang tidak mengenakkan. klo sesama pns merasa senasib sepenanggungan harusnya mereka menolak, sampe semua pns dpt remunerasi….

  3. santika
    5 Desember 2012 pukul 11:00

    Dari 20 departemen yang akan di remunisasi kenapa pns yang bekerja di bawah naungan dinas kesehatan tidak, padahal gaji pns dinas kesehatan sama dengan gaji departemen yang lain (20 departemen yang mendapat remunisasi yang telah disetujui SBY). Mohon tanggapan dari rekan rekan yang lain yang bernasib sama dengan saya

  4. dewi ajjah
    5 Desember 2012 pukul 12:18

    untuk Penyuluh KB di lapangan gimana nasibnya ? apakah juga dapat remunerasi ? semoga tidak hanya pns di lingkup Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana tingkat pusat saja yg dapat, tetapi juga PNS di Lini Lapangan ( PKB )

  5. suharso
    8 Desember 2012 pukul 12:52

    Remunerasi untuk kementrian pertanian saya merasa gembira sekali, tapi masih tanya-tanya pada diri sendiri apakah saya orang lapangan (PPL) pertanian masuk didalamnya atau tidakya…… kalau iya ya kapan dapat cair..?

    • hijaz
      17 Desember 2012 pukul 09:59

      tahun depan um, sabar yah.

      • Enter your name...a
        8 Januari 2013 pukul 12:15

        mungkin baru cair 2014 menjelang pemilu

    • banggar
      8 Januari 2013 pukul 12:19

      skrg sdh 2013 blm ada kbr lg toh. mungkin ya 2020 br cair

  6. kemenhub sukses
    18 Desember 2012 pukul 02:23

    Peler buat remunerasi, gaji pns gue. Aja kecil banget, kalau remunerasi di kemenhub tidak diturunkan, semua pegawai nya pasti akan meyalahgunakan wewenang dan jabatan, tolong di pikirkan itu menteri keuangan dan pak presiden, beban kerja kami sangat berati dan gaji yang diterima tidak sesuai. Terima kasih indonesia!!!!

  7. andrie
    30 Desember 2012 pukul 01:09

    kementrian kehutanan kok gak ada ya? ktnya januari 2013 mulai dpt? mhn penjelasan

  8. wali
    16 Januari 2013 pukul 12:08

    Yg dituntut dari pemimpin kan bersikap adil, nanti juga akan dimta pertggjawabannnya, bersikap adillah itu dekat dg kebaikan dan kemaslahatan

  9. dhewee
    20 Januari 2013 pukul 19:00

    kalau kementrian kesehatan kpn ya? Secara gt,bidang kesehatan kan mrpkan slh 1 aspek paling mendasar dlm kehdpn kita,,,mn resiko bahayax tinggi lg,,,smoga bs segera jg y pak SBY,,,

  10. endang febrianto
    30 Januari 2013 pukul 14:21

    apa anak buah kapal negara di lingkungan DIRJENHUBLA nggak dipaerhatikan bapak 2 yang diatas kami di navigasi juga perlu diperhatikan terutama pegawai yang jagain menara suar…

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga »