Lifestyle
Selasa, 4 September 2012 - 11:33 WIB

5 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (myhaircares)

Ilustrasi (myhaircares)

Ketombe bukan penyakit berbahaya, tapi banyak orang kerap terganggu dengan masalah rambut yang satu ini. Seribu satu cara pun ditawarkan oleh beragam produk rambut untuk mencegah ketombe.

Advertisement

Namun, apakah Anda tahu apa saja penyebab ketombe? Dengan mengetahui penyebabnya, mungkin Anda akan lebih mudah mengatasinya, seperti dikutip dari laman iVillage.

1. Jamur
Pada kulit kepala yang sehat, jamur berfungsi menyerap minyak yang keluar dari folikel rambut. Akan tetapi, jumlah jamur yang berlebihan justru menyebabkan kulit kepala teriritasi dan mengelupas. Untuk mengatasinya, pilih shampo yang mengandung selenium sulphide dan anti-jamur agar menekan pertumbuhan jamur di kulit kepala.

2. Kelainan Kulit
Kelainan kulit seperti psoriasis atau eksim juga dapat menyerang kulit kepala Anda. Hal ini menyebabkan kulit bagian kepala Anda cenderung kering dan rentan berketombe. Untuk mengatasinya, Anda harus berkonsultasi dengan dermatolog untuk hasil terbaik.

Advertisement

3. Alergi
Produk rambut atau bahan kimia yang Anda gunakan pada rambut dapat saja memicu reaksi alergi hingga akhirnya menimbulkan ketombe. Oleh karena itu, lakukan tes terlebih dahulu sebelum menggunakan pemakaian produk tertentu. Segera hentikan pemakaian produk jika terjadi iritasi.

4. Kebiasaan yang Salah
Beberapa artikel kecantikan mungkin menyarankan untuk menyisir rambut sesering mungkin agar rambut berkilau. Akan tetapi, terlalu sering meyisir rambut justru akan menyapu bersih sel kulit mati yang justru diperlukan kulit kepala. Perhatikan juga jenis dan kebersihan sisir yang Anda gunakan.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ketombe Mengatasi Ketombe
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif