Soloraya
Sabtu, 1 September 2012 - 21:27 WIB

Produksi Film Ki Ageng Pandanaran, Pemkab Klaten Kucurkan Rp900 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KLATEN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengganggarkan dana senilai sekitar Rp900 juta untuk memproduksi film Ki Ageng Pandanaran sebagai upaya mempromosikan potensi sosial, budaya dan pariwisata Kabupaten Bersinar.

Advertisement

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten, Bambang Sigit Sinugraha, kepada Solopos.com, Sabtu (1/9/2012), mengatakan saat ini pihaknya masih menggelar sayembara untuk memilih produser film tersebut. Rencananya, pemeran dalam film itu diambilkan dari kalangan artis Ibu Kota. “Pemain dari artis Jakarta dan sebagian seniman Klaten. Sekarang skenarionya masih ditulis. Kami masih mengumpulkan banyak sumber untuk mengetahui cerita-cerita tentang Ki Ageng Pandanaran,” papar Bambang.

Bambang menjelaskan anggaran produksi film Ki Ageng Pandanaran ditetapkan dalam APBD 2012. Akan tetapi, saat itu nama kegiatannya adalah pembuatan Film Dokumenter Kabupaten Klaten. Setelah pembahasan APBD Perubahan, nama kegiatan diubah menjadi pembuatan film Ki Ageng Pandanaran tanpa ada perubahan anggaran. “Film ini lebih fokus mengisahkan perjalanan dan perjuangan penyebaran agama Islam oleh Ki Ageng Pandanaran yang berakhir di Klaten. Melalui film ini, kami juga mengisahkan perkembangan Kabupaten Klaten dari masa ke masa,” kata Bambang.

Ki Ageng Pandanaran merupakan putra dari bupati pertama Semarang [sekarang Kota Semarang] yang diangkat sultan Kerajaan Demak. Sunan Pandanaran lebih terkenal sebagai Sunan Bayat. Makam Ki Ageng Pandanaran berada perbukitan di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten. Makam Ki Ageng Pandanaran tidak pernah sepi peziarah dari berbagai pelosok tanah air. Makam Ki Ageng Pandanaran biasa menjadi salah satu tujuan rangkaian wisata ziarah Wali Sembilan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif