OBAT HERBAL
Pisang Kepok Redakan Mag

ilustrasi (usahakebunpisang.blogspot.com)ilustrasi (usahakebunpisang.blogspot.com)

Salah satu alternatif pengobatan alami penyakit mag bisa dilakukan dengan mengonsumsi rutin pisang kepok. Selain mudah didapatkan, pisang tersebut juga bagus untuk memperbaiki luka di pencernaan.

Penderita mag seringkali mengalami nyeri sangat sangat menusuk di bagian ulu hati. Terlebih pada pasien dengan mag akut. Jika tidak diobati, penyakit ini akan susah disembuhkan.

Penyembuhan mag tergolong gampang-gampang susah, tergantung tingkat sakitnya. Penanganan umumnya dengan rutin membawa camilan karbohidrat supaya perut terisi dan tidak memproduksi asam terlalu banyak. “Tapi kadang sudah bawa bekal tapi tidak sempat makan dan akhirnya telat makan lagi, lalu kambuh,” terang konsultan gizi, Nurwanti, kepada Harian Jogja, Kamis (30/8).

Menurut Nurwanti, pilihan makanan berserat tapi halus dan cocok untuk pencernaan merupakan pilihannya. Jika konsumsi camilan di sela kegiatan sehari-hari sulit dilakukan, pengobatan alami dilakukan pada pagi dan sore hari. Pilihan menu yakni pisang kepok yang mudah didapatkan.

Pemerhati obat alami, Satirah mengatakan, konsumsi buah pisang merupakan pilihan aman dan sehat untuk pederita mag. “Ada banyak jenis pisang, untuk mag pilih saja pisang kepok, banyak dijual di pasar-pasar harganya Rp5.000 sampai Rp10.000 satu gepok,” ujarnya.

Pengalaman dengan pisang kepok dialaminya sendiri setelah menderita mag tiga tahun lalu. “Kadang saya bawa obat da minum sebelum makan. Sering juga bawa camilan atau roti biar perut keisi tapi karena kadang ada pasien datang malah tidak sempat,” ujarnya.

Untuk mengantisipasinya, ia mencari tahu buah atau sayur yang bisa digunakan untuk obat. Hingga akhirnya salah satu pasien menyarankan makan pisang kepok. Caranya dengan makan dua buah pisang pada pagi hari sebelum sarapan dan malam sebelum makn.

“Kalau dua tidak kuat ya satu pisang segar saja, dibelah jadi dua lalu ditaburi gula pasir sebelum dimakan,” katanya.

Jika rutin mengkonsumsinya, penyakit mag akan segera sembuh. Secara umum kandungan gizi dalam buah pisang matang yakni kalori, karbohidrat, protein, serat, kalsium dan lemak. Pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga air.

Khasiat Pisang 

1. Sakit kuning

- pisang emas yang sudah masak

- makan buah pisang emas yang banyak

2. Luka usus

-  kulit buah pisang kluthuk yang sudah masak dan buah pisang mentah

- diiris-iris tipis, kemudian ditumbuk halus, diperas sampai

keluar airnya

- endapkan semalam lalu diminum setelah bangun tidur

3. Ambeien

- pisang kluthuk yang masih mentah dan adas pulasari secukupnya

- 1 potong gula merah

- pisang diparut diambil airnya

- dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai merata

- disaring dan diminum

4. Diare bayi

- pisang kepok mentah

- diiris-iris dan digoreng tanpa minyak

- dimakan oleh ibu yang sedang menyusui bayi tersebut

Diolah dari berbagai sumber

Editor: | dalam: Khazanah |
Menarik Juga »