Komunitas Basa Jawa Dibentuk

Diskusi pembentukan komunitas bahasa Jawa (A Hartanto/JIBI/SOLOPOS)Diskusi pembentukan komunitas bahasa Jawa (A Hartanto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pecinta bahasa dan budaya Jawa kini memiliki payung komunitas bernama komunitas Paseduluran Basa Jawa yang dipelopori oleh HU SOLOPOS. Komunitas tersebut dilaunching di Griya Solopos, Solo, Kamis (30/8/2012) malam.

Sejumlah tokoh masyarakat pecinta budaya Jawa, dosen, pegiat budaya ikut hadir dalam acara tersebut. Seperti dosen Sastra daerah UNS, Imam Sutardjo, Supardjo, dosen Univet Sukoharjo, Adi Deswijaya, dan sejumlah pegiat budaya Jawa dari Soloraya.

Dalam pertemuan perdana tersebut, juga digelar diskusi bertema Perda Bahasa Sastra dan Aksara Jawa dengan pembicara dari Ketua Dewan Bahasa Jawa di Jawa Tengah, Sutadi.

“Komunitas ini untuk menampung dan berdiskusi serta memiliki visi dan misi paseduluran, saling berbagi ilmu dan pengalaman,” kata penasehat komunitas, Suwarmin. Rencananya komunitas tersebut akan mengadakan pertemuan rutin setiap Jumat Kliwon atau 35 hari sekali dengan pembahasan materi yang berbeda.

Editor: | dalam: Jagad Jawa |

Berita Terkait

Iklan Cespleng
Menarik Juga »