Soloraya
Kamis, 30 Agustus 2012 - 19:13 WIB

Jelang Pilkades Serentak, Desa Bentuk BPD

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO–Desa-desa di wilayah Kabupaten Sukoharjo mulai mempersiapkan pemilihan badan permusyatan desa (BPD) menyusul habisnya masa kerja anggota lama. Pembentukan BPD juga dalam rangka menghadapi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2012 yang akan digelar di lebih dari 120 desa.

Kaur Pemerintahan Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Sukiyono, menyatakan periode jabatan BPD di desanya berakhir hampir bersamaan dengan masa kerja kepala desa. Sesuai jadwal, kata dia, pemilihan anggota baru dilaksanakan September 2012 didahului pembentukan panitia desa.

Advertisement

“Prosesnya pemerintah desa dan BPD lama serta tokoh-tokoh masyarakat yang akan membentuk panitia pemilihan (BPD) tingkat desa. Baru tahap selanjutnya panitia melakukan penjaringan,” ujarnya kepada Solopos.com di sela-sela kesibukannya di Kantor Desa Pengkol, Nguter, Kamis (30/8/2012).

Sukiyono menyebutkan jumlah anggota BPD di Pengkol sebanyak 11 orang, diambilkan dari perwakilan seluruh dukuh dan dipilih berdasarkan hasil musyawarah di tingkat dukuh atau RW. Sesuai peraturan, papar dia, BPD yang nantinya akan membentuk panitia pemilihan kepala desa.

Kepala Desa (Kades) Daleman, Nguter, Sudarman, menyatakan hal serupa. Dia mengungkapkan anggota BPD baru akan dipilih September mengingat periode jabatan anggota lama berakhir pada Oktober. Seperti di Pengkol, anggota BPD Daleman sebanyak 11 orang, berasal dari enam RW.

Advertisement

“Pemilihan anggota BPD baru merupakan tugas panitia tingkat desa. Pemerintah desa sebatas membentuk panitia bersama BPD lama dan tokoh masyarakat,” jelasnya.

Setelah terpilih, dia mengatakan tugas anggota BPD baru dalam waktu dekat adalah membentuk panitia pilkades. Sedangkan panitia pilkades, bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemilihan kades mulai dari proses pendaftaran pemilih, calon, sampai proses pelantikan pejabat yang baru.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif