Soloraya
Sabtu, 25 Agustus 2012 - 12:26 WIB

Tim KKN UGM Bangun Jaringan Air Bersih di Selo

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Triyono/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Triyono/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI–Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membangun jaringan air bersih dan sanitasi di Dukuh Grinting, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali.

Advertisement

Kegiatan ini dilakukan bersama warga setempat selama kurang lebih dua bulan yakni Juli-Agustus 2012. Pembangunan fisik ini meliputi, pemasangan pipa untuk jaringan air bersih sepanjang 800 meter dan bak penampung air ukuran  8 meter persegi yang mampu menampung air sebanyak 6 meter kubik.

Selain itu, tim ini juga merehabilitasi jembatan seling di desa itu serta pembuatan sanitasi komunal. Koordinator mahasiswa KKN UGM, Yan Kristian mengatakan, Dukuh Grinting memiliki potensi berupa sumber mata air yang terletak di atas bukit. Akan tetapi, sumber tersebut masih belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Hal ini disebabkan karena jaringan pipa yang ada sudah banyakyang rusak. Selain itu, bak penampung terlalu kecil dan jembatan seling yang penuh lumpur,” ujarnya saat ditemui wartawan di Selo, Sabtu (25/8/2012).

Advertisement

Menurutnya, kondisi yang demikian ini membuat debit air yang dihasilkan sangat sedikit. Terlebih pada saat musim kemarau seperti ini. Ia berharap, tim mampu menyelesaikan permasalahan kebutuhan air minum dan sanitasi warga setempat.  Di samping pembangunan fisik, tim KKN juga melakukan pembinaan kepada warga. Mereka membentuk dan membina kelompok pengelola air minum secara swadaya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif