Lifestyle
Jumat, 24 Agustus 2012 - 09:29 WIB

TIPS HERBAL: Jeruk Purut Segarkan Badan Lelah

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jeruk purut tidak hanya berguna pada buah dan kulitnya saja. Daun jeruk wangi itu selain dijadikan penyedap masakan juga berfungsi sebagai aromaterapi dan penyegar badan yang lelah.

Ahli pengobatan China, Aditeja menyampaikan, minyak asiri daun jeruk purut banyak dimanfaatkan untuk bahan wewangian obat herbal maupun produk kecantikan. Kandungan utama minyak daun jeruk purut yakni asiri citronelal, citronelo, nerol dan limonene untuk aromaterapi.

Advertisement

“Memang belum ada penelitian yang lebih lanjut tentang manfaat daun jeruk, namun minyak atau aromanya dipercaya menyuburkan rambut dan menambah stamina ketika tubuh lelah selesai bekerja,” terangnya kepada Harian Jogja di kompleks JEC Bantul, pekan lalu.

Jeruk purut merupakan tumbuhan perdu dengan bentuk daun khas. Daunnya berbeda dari jenis jeruk lainnya, yakni memiliki daun jamak yang keras dan kuat.

Advertisement

Jeruk purut merupakan tumbuhan perdu dengan bentuk daun khas. Daunnya berbeda dari jenis jeruk lainnya, yakni memiliki daun jamak yang keras dan kuat.

Penggunaan daun jamak untuk mengembalikan kesegaran tubuh menurut Adi digunakan sebagai bahan campuran air mandi. Caranya dengan menyediakan dua genggam daun

jeruk purut segar dan direbus dengan setengah ember air hingga mendidih. “Tuangkan ramuan ke dalam ember dan campur air dingin hingga hangat lalu pakai saja untuk mandi, segar setelahnya,” jelas Adi.

Advertisement

Percobaan ramuan alami itu pernah dilakukan Maria Herlina. Ia mengaku mendapat resep dari ibunya yang menanam jeruk purut di halaman rumahnya. “Pernah disarankan mandi air hangat diberi garam, tapi kan rasanya asin lalu cara lain dengan rebusan daun jeruk purut,” ujarnya di Demangan Baru, Jogja, Kamis (24/8).

Air rebusan daun jeruk, katanya, memberi efek segar dan wangi khas daun jeruk. Meski diakuinya saat tubuh lelah bisa segar dengan mandi air hangat, namun Herlina memercayai minyak asiri daun jeruk purut juga berguna untuk menenangkan dan melemaskan oot-otot yang kaku karena bekerja.

Khasiat Jeruk Purut 

Advertisement

1. Influenza

– Potong sebuah jeruk purut masak yang banyak airnya, lalu peras

– Seduh air perasannya dengan segelas air panas

Advertisement

– Minum sekaligus selagi hangat hingga sakit berkurang

2. Menjaga kelembaban kulit

– Belah jeruk purut tua menjadi dua bagian

– Gosokkan pada kulit yang kering

– Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur dan bilas esok paginya

3. Mewangikan rambut

– Cuci buah jeruk purut lalu parut

– Tambahkan satu sendok makan air bersih, lalu remas dan saring

– Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas

Diolah dari berbagai sumber

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif