Soloraya
Selasa, 21 Agustus 2012 - 16:12 WIB

Tiket Syawalan Tlatar Diprotes, Panitia Turunkan Harga

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiket masuk objek wisata Tlatar (Farida Trisnaningtyas/Espos)


Pengunjung memapadati objek wisata air Tlatar, Selasa (21/8/2012). Tiket masuk ke objek wisata ini sempat diprotes karena dinilai terlalu mahal.(Espos/Farida Trisnaningtyas)

BOYOLALI--Panitia Syawalan di objek wisata air Tlatar akhirnya menurunkan harga tiket masuk. Kebijakan ini diambil setelah banyaknya protes yang datang baik dari para pengunjung maupun pemilik pemancingan dan rumah makan.

Advertisement

Tiket untuk perayaan Syawalan ini sebelumnya bakal dipatok sekitar Rp7.000/orangnya. Harga ini meliputi retribusi masuk Rp3.000, atraksi Rp3.500, retribusi kebersihan Rp200 dan jasa raharja Rp2.000.  Akan tetapi, nominalnya menjadi hanya Rp3.400/orang saja.

Salah seorang pengunjung asal Solo, Wati mengatakan, ia datang bersama tiga anggota keluarganya menggunakan mobil. Sebelumnya ia merasa heran lantaran mereka hanya harus membayar senilai Rp24.000.

“Saya pikir harganya mahal karena kemarin sempat saya dengar tiketnya mahal. Rp24.000 itu sudah termasuk mobil yang saya bawa,” ujarnya saat ditemui wartawan di lokasi, Selasa (21/8/2012).

Advertisement

Wati menambahkan, dibandingkan objek wisata lain ia memilih Tlatar karena tempatnya cukup luas. Ia sudah biasa pergi ke wisata air untuk berlibur bersama anak-anaknya.

Tiket masuk objek wisata Tlatar (Farida Trisnaningtyas/Espos)

Menurutnya, tiket yang dipatok untuk pengunjung relatif terjangkau. Jika benar masuk ke Tlatar dihargai Rp7.000 seperti sebelumnya, ibu dua anak ini memilih untuk tidak berwisata ke sana. Pasalnya, seharusnya pemerintah bisa memurahkan tiket masuk lantaran pengunjung yang datang sangat banyak.

Advertisement

Sementara itu, salah Kepala UPT objek wisata Tlatar, Wijayanti membenarkan turunnya karcis masuk setelah adanya protes. Sebelumnya tiket ke objek wisata ini dihargai Rp7.000/orang. Panitia kemudian mencoret tiket untuk atraksi Rp3.500. Oleh karena itu, pengunjung hanya membayar sekitar Rp3.400/orang saja.

“Kita sudah coret untuk atraksi. Tiketnya Rp3.400/orang ditambah retribusi kendaraan masuk Rp2.000. Atraksi yang dimaksud yakni dangdut,” paparnya.
Menurutnya, hingga H+2 Lebaran ini pengunjung di Tlatar sudah mencapai 5.000 orang. Mereka umumnya serombongan keluarga yang datang baik dari luar maupun dalam kota. Acara Syawalan ini bakal berlangsung hingga Jumat (24/8) mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif