News
Selasa, 21 Agustus 2012 - 12:14 WIB

MISTERI DUNIA: Lokasi Jatuh Amelia Earhart Terkuak?

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto bawah laut yang diduga bangkai pesawat Lockheed Electra (Gizmodo.com)

Foto bawah laut yang diduga bangkai pesawat Lockheed Electra (Gizmodo.com)

NEW YORK—Lokasi jatuh pesawat yang dipiloti penerbang wanita legendaris Amerika Serikat, Amelia Earhart, mulai terkuak setelah menjadi misteri selama 75 tahun.

Advertisement

Pesawat Earhart, Lockheed Electra, hilang di Samudera Pasifik di dekat Pulau Howland dalam usaha melakukan penerbangan solo keliling dunia pada 1937.

Seperti dilansir Gizmodo.com dari CNN, Senin (20/8) waktu setempat, tim ekspedisi The International Group for Historic Aircraft Recovery (TIGHAR) mengklaim telah mandapat foto bawah laut yang cukup kuat terkait keberadaan bangkai pesawat itu pada Juli lalu.

Sebelumnya TIGHAR berencana mengakhiri pencarian Lockheed Electra yang telah memakan biaya hingga US$2,2 juta. Namun harapan mereka kembali membuncah setelah menganalisis foto bawah laut yang mereka dapat.

Advertisement

“Kami mendapat gambar tersebut dari lokasi yang sebelumnya kami duga sebagai tempat jatuhnya pesawat. Kami mendapat banyak petunjuk dan mungkin memang benar. Namun kami masih memiliki banyak tugas. Kami akan kembali ke sana,” ujar Direktur Eksekutif TIGHAR, Ric Gillespie kepada Los Angeles Times.

Dalam foto berlatar belakang warna biru tersebut terlihat sejumlah objek yang diduga sebagai bangkai pesawat Lockheed Electra.

Amelia Mary Earhart lahir pada 24 Juli 1897 di Kansas Amerika Serikat. Ia adalah seorang pelopor penerbangan, penulis, dan pejuang hak wanita Amerika Serikat. Ia adalah wanita pertama yang menerima Distinguished Flying Cross setelah berhasil terbang menyeberangi Samudera Atlantik seorang diri.(ali)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif