News
Selasa, 21 Agustus 2012 - 13:34 WIB

George Soros Beli Saham Manchester United

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Miliuner asal Amerika Serikat, George Soros ikut membeli saham klub sepak bola, Manchester United (MU), yang telah mencatatkan saham di Wall Street pada awal bulan ini.

Pembelian Soros ini terkuak berdasarkan regulator pasar modal AS yang dikutip dari AFP, Selasa (21/8).

Advertisement

Soros membeli saham MU lewat perusahaan investasinya. Saham MU yang dibeli Soros merupakan saham kelas A sebanyak 3,1 juta lembar. Dengan kata lain, Soros memiliki 7,85% saham kelas A klub berjuluk Setan Merah itu.

Sementara keluarga Glazer sebagai pemilik utama MU, memegang saham kelas B yang memiliki hak voting 10 kali lebih besar dibanding saham kelas A.

Setelah IPO pada 10 Agustus 2012 lalu, saham MU kemarin ditutup pada harga US$13,06 per lembar, turun 6,7% dari harga awal sebesar US$ 14 per lembar.

Advertisement

Namun tetap saja, MU mendapatkan US$233 juta dari hasil IPO, yang menyebabkan MU saat ini bernilai US$2,3 miliar, dan menjadikannya tim sepak bola paling berharga di dunia.

Seperti diketahui, MU menjual sahamnya sebanyak 16,7 juta lembar dengan harga US$14 per lembar.

Glazer sebelumnya berupanya mencatatkan saham MU ke bursa Singapura dan Hong Kong namun batal karena tidak mendapat restu dari otoritas pasar modal setempat. New York Stock Exchange menjadi pelabuhan terakhir klub MU.

Advertisement

Seiring permintaan yang melemah, manajemen pun memangkas target penjualan saham perdana menjadi 16,7 juta lembar dengan kisaran harga US$ 16-US$ 20 per lembar. Klub berharap dana hasil IPO bisa mengurangi utang yang saat ini mencapai US$664 juta per Maret 2012.(dtc)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif