Jogja
Jumat, 17 Agustus 2012 - 15:00 WIB

Gara-gara Orang Gila 1 Hektare Hutan Negara di Kokap Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KULONPROGO—Akibat ulah seorang warga yang diduga mengalami gangguan jiwa, hutan negara yang terletak di Desa Hargowilis, Kokap terbakar, Jumat (17/8) pagi. Meski demikian, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Advertisement

Berdasar informasi yang dihimpun Harian Jogja, kebakaran itu bermula ketika salah seorang warga Dusun Klepu, Desa Hargowilis, bernama Tumiyem, 46, yang mengalami gangguan jiwa, membakar dedaunan di tepi hutam. Sejumlah warga sudah memperingatkan Tumiyem, namun tak dihiraukan.

“Sebelum kejadian memang yang bersangkutan sudah ditegur warga tapi tidak berhasil,” ujar Sukarjo, 60, warga sekitar saat melaporkan kejadian itu ke Polsek Kokap.

Beberapa jam kemudian, diduga karena hembusan angin kencang, api merambat cepat dan mulai membakar pepohonan yang berada di hutan lindung tersebut hingga seluas satu hektare. Begitu melihat api mulai membesar, warga sekitar langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Setelah berusaha keras, api berhasil dipadamkan.

Advertisement

Kepala Bagian (Kabag) Desa Hargowilis, Ngatilah, segera melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulonprogo.(ali)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif