Info-mudik
Kamis, 16 Agustus 2012 - 13:42 WIB

ARUS MUDIK Jalur Selatan Jateng Ramai Lancar

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan akibat pasar tumpah (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Ilustrasi kemacetan akibat pasar tumpah (JIBI/SOLOPOS/Antara)

BANYUMAS– Jalur selatan Jawa Tengah ruas Sampang, Kabupaten Cilacap, hingga Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, pada Kamis (16/8/2012) pagi, terpantau ramai lancar.

Advertisement

Kendaraan yang melintas dari arah barat yakni Jakarta atau Bandung, maupun dari timur Yogyakarta, dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam.

Meskipun demikian, arus kendaraan dari arah barat tampak tersendat akibat pasar tumpah di Kemranjen dan Sumpiuh. Selain itu, terjadi antrean kendaraan sepanjang lebih dari satu kilometer di perempatan Buntu.

Anggota Satlantas Polres Banyumas tampak berusaha mengatur arus kendaraan secara manual guna mengurangi panjang antrean kendaraan dari arah barat, meskipun lampu pengatur lalu lintas di perempatan Buntu berfungsi normal.

Advertisement

Sementara itu terkait adanya truk barang yang melintas, Kepala Pos Pengamanan Lebaran 2012 di Perlintasan Kereta Api Sebidang Sumpiuh, Inspektur Polisi Satu Sukarwan mengatakan, pihaknya akan terus menertibkan truk-truk pengangkut bahan bangunan yang masih nekat beroperasi.

“Selain mengangkut sembako atau BBM atau elpiji, tidak boleh beroperasi. Kalau tetap nekat, akan kami hentikan,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan, pihaknya memberi toleransi jika truk pengangkut barang nonsembako tersebut hanya sekadar ke SPBU untuk membeli bahan bakar. “Kalau mau beli BBM, masih diperbolehkan, namun setelah itu harus kembali lagi,” katanya.

Advertisement

Lebih lanjut ia mengatakan, kepadatan arus mudik pada Kamis pagi terpantau mengalami peningkatan. Ia memperkirakan puncak arus mudik yang melintas di jalur selatan Jateng akan berlangsung pada H-2 Lebaran atau pada Jumat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif