Info-mudik
Kamis, 16 Agustus 2012 - 20:20 WIB

ANGKUTAN LEBARAN: Tim Gabungan Operasi Puluhan Angkutan Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Awak bus Sugeng Rahayu menjalani tes tensi darah yang dilakukan tim Dinas Kesehatan dalam operasi gabungan di Terminal Pilangsari, Sragen, Kamis (16/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

Awak bus Sugeng Rahayu menjalani tes tensi darah yang dilakukan tim Dinas Kesehatan dalam operasi gabungan di Terminal Pilangsari, Sragen, Kamis (16/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

SRAGEN—Tim gabungan lintas instansi menggelar operasi angkutan Lebaran di Terminal Pilangsari, Sragen, Kamis (16/8/2012). Operasi gabungan tersebut bertujuan untuk memeriksa kesehatan awak bus, kelaikan bus dan memberi imbauan kepada penumpang agar hati-hati selama perjalanan.

Advertisement

Tim gabungan itu terdiri atas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sragen, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sragen. Masing-masing personel memiliki tugas masing-masing.

Dishubkominfo bertugas memeriksa kelaikan bus, mulai dari uji emisi, kelaikan ban, rem dan sebagainya. Petugas Satlantas Polres Sragen bertugas memeriksa surat-surat kelengkapan bus. Petugas Dinkes yang dipimpin Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Pratondo, bertugas memeriksa kesehatan awak bus, mulai dari tensi darah sampai tes kandungan alkohol pengemudi bus. Sedangkan Satpol PP bertugas menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar terminal.

Kabid Pengendalian dan Operasional Dishubkominfo Sragen, Sukirno, saat dijumpai Solopos.com, di sela-sela operasi, menerangkan operasi angkutan Lebaran ini sengaja dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan Lebaran. Menurut dia, secara umum kondisi bus berdasarkan hasil pemeriksaan fisik menunjukkan laik jalan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif