Entertainment
Senin, 13 Agustus 2012 - 15:22 WIB

SLASH: Sang Legenda Gitar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Slash (sharemyguitars.com)

Masih ingat sama Slash? Sobat Gaul yang hard rock addicted pasti selalu ingat dengan musisi gaek bekas lead guitarist Guns n Roses (GnR) ini. Gaya main gitarnya yang khas dengan topi tinggi dan rokok yang terselip di bibir membuatnya terus dikenang.

Itu terbukti dari penghargaan sebagai Golden Star dalam The Hollywood Walk of Fame yang diberikan pada 11 Juli lalu. Penghargaan ini sempat bikin publik kaget karena dia bukan aktor seperti Arnold Schwarzenegger. Tapi catatan penjualan album lebih dari 100 juta kopi sepanjang kariernya, jelas ini bukan catatan sembarangan.

Advertisement

Catatan ini dibuatnya selama bergabung di GnR, beberapa artis musik setelah keluar dari band tersebut seperti Velvet Revolver dan Myles Kennedy serta solo albumnya. Album terakhirnya yang digarap bareng band Velvet Revolver, Apocalyptic Love, sempat nangkring di posisi empat chart Billboard 200 pada 9 Juni lalu.

Lama enggak terdengar kisahnya setelah keluar dari GnR, Slash masih produktif bikin lagu dan album sampai hari ini. Sebenarnya hal ini sudah lama dilakukannya, yaitu saat melalui tahun-tahun terakhirnya bersama GnR pada awal 1990-an.

Saat itu dia membuat project bernama Slash’s Snakepit. Setelah itu dia membentuk sebuah band baru bernama Velvet Revolver yang membuatnya kembali menjadi musisi berpengaruh hingga era 2000-an.

Advertisement

Slash telah meluncurkan dua solo album. Yang pertama bertajuk Slash pada 2010 lalu dengan menggandeng sederet musisi. Album solo keduanya, yaitu Apocalyptic Love, diluncurkan pada tahun ini dan digarap bersama Velvet Revolver.

Deretan album dan permainan gitarnya dalam berbagai single legendaris membuatnya sering di-review oleh beberapa media sebagai gitaris terbaik sepanjang masa.

Majalah Time menempatkannya sebagai runner up dalam daftar The 10 Best Electric Guitar Players pada 2009. Sementara itu majalah Rolling Stone menempatkannya pada urutan 65 daftar The 100 Greatest Guitarist of All Time 2011 lalu.

Advertisement

Tapi harus diakui bahwa karya Slash yang paling dianggap legendaris adalah lagu yang pernah digarap bersama band yang membesarkan namanya, GnR.

Permainan gitarnya di Sweet Child o’ Mine berada di puncak daftar The 100 Greatest Riffs yang dibuat oleh Total Guitar pada 2004. Begitu pula aksi solonya dalam November Rain ditempatkan di urutan enam dalam daftar The Greatest Guitar Solos oleh Guitar World pada 2008.

Slash (sharemyguitars.com)

Advertisement
Kata Kunci : Gitar Gnr Legendaris Slash
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif