Soloraya
Minggu, 12 Agustus 2012 - 05:30 WIB

BUNGKER SOLO: Hari Ini, Penggalian Dilanjutkan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bungker Solo (dok)

Bungker Solo (dok)

SOLO–Penggalian pun bungker di bekas reruntuhan Gedung PKK Balaikota Solo, dilanjutkan kembali Minggu (12/8) pagi ini.

Advertisement

Ketua Tim, M Chawari menjelaskan penggalian Minggu akan dilanjutkan dengan meneruskan parit keenam yang diberi kode P06a. Sayangnya, penggalian yang akan dilakukan hari ini hanya setengah hari.

“Selain itu kami juga akan menggali ke arah utara karena sejauh ini di bagian utara memang belum digali sehingga belum diketahui bagian lain dari bungker ini. Sebab kalau dilihat dari bentuknya, konstruksi yang melengkung ini belum merupakan bagian tengah dari bungker tapi masih harus ke utara lagi,” kata Chawari.

Chawari melaporkan hasil penggalian bunker sekaligus menyarankan pemasangan tanda larangan melintas di dalam area. Yakni sudut utara kompleks balaikota sepanjang 20 m dan lebar 5 m. Di sana telah terpasang penanda di tujuh parit. Sejauh ini tim memetakan dua parit yang diproyeksikan akses masuk bunker, yakni di selatan-barat dan timur.

Advertisement

Disinggung tentang artefak yang ditemukan Jumat lalu, Chawari mengatakan pihaknya belum meneliti lebih lanjut.

Sementara itu, Penanggung jawab Publikasi BP3, Wahyu Kristanto, juga mengatakan masih hasil penggalian tim Balar kemudian mengkaji.

“Kalau bangunan itu dinilai cukup penting baik dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain, maka layak diusulkan sebagai cagar budaya,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif