News
Kamis, 9 Agustus 2012 - 12:30 WIB

Joko Widodo Raih Penghargaan Best City Award Asia Tenggara

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Walikota Solo, Joko Widodo saat terjun ke tengah masyarakat untuk meredakan konflik beberapa waktu lalu. Jokowi menerima penghargaan Best City Award Asia Tenggara antara lain untuk program penataan PKL yang dinilai sukses. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Walikota Solo, Joko Widodo saat terjun ke tengah masyarakat untuk meredakan konflik beberapa waktu lalu. Jokowi menerima penghargaan Best City Award Asia Tenggara antara lain untuk program penataan PKL yang dinilai sukses. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

BANGKOK – Walikota Solo, Joko Widodo, menjadi salah satu penerima penghargaan Best City Award dalam Konferensi Partnership for Democratic Local Governance in Southeast Asia (Delgosea) di Bangkok, Thailand, Kamis (9/8/2012). Penghargaan itu diberikan karena yang bersangkutan dinilai sukses menerapkan kebijakan yang membuat masyarakat mau mendukung dan melaksanakannya.
Advertisement

Head of the United Cities and Local Government for Asia Pacific, Peter Wood, menyatakan, Joko Widodo dinilai berhasil dalam melakukan pendekatan kepada rakyat agar memahami dan menaati kebijakan pemerintah kota. Salah satu nilai yang menonjol adalah keberhasilan penerapan kebijakan penataan kota terhadap para pedagang kaki lima. “Saya pikir inilah salah satu alasan kenapa dia lantas diminta partai politik untuk mengikuti pemilihan gubernur di Jakarta, selain konsep yang dimilikinya untuk tata kelola pemerintahan yang baik yang sudah dilaksanakannya di Solo,” ujar Wood pula.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada mantan Walikota Jogja, Herry Zudianto, yang dinilai berhasil membawa rakyat melaksanakan program perawatan dan kebersihan lingkungan. Salah satu nilai lebihnya adalah saat menangani dampak bencana erupsi Gunung Merapi, yang mengakibatkan penumpukan material erupsi di sungai-sungai, serta mewujudkan program kebersihan sungai.

Selain kedua walikota Indonesia ini, tiga penghargaan serupa juga diberikan kepada walikota dari tiga negara yaitu Kamboja, Filipina dan Thailand. Penerimaan penghargaan diwakili oleh Kepala Dinas Tata Kota, Ahyani.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif