Soloraya
Selasa, 7 Agustus 2012 - 19:23 WIB

KEBUTUHAN DAGING Meningkat 100%

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Menjelang Lebaran terutama menginjak H-7, Dinas Pertanian (Dispertan) mencatat kebutuhan daging baik itu yang berjenis ayam, kambing maupun sapi naik hingga 100% dibanding kebutuhan konsumsi harian.

Advertisement

Demikian disampaikan Kepala Dispertan Solo, Weni Ekayanti ketika dijumpai di wartawan di Gedung DPRD, Selasa (7/8/2012). Untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat, pedagang memasok daging dari luar daerah.

“Di hari-hari biasa kebutuhan masyarakat akan daging sapi misalnya mencapai 3,3 ton/hari. Kebutuhan itu terus meningkat pada Ramadan hingga menjelang Lebaran dan puncaknya di hari H bisa mencapai 100% yaitu mencapai 6,6 ton/hari,” jelasnya.

Tak hanya peningkatan pada konsumsi daging sapi, menurut Weni, konsumsi daging ayam maupun kambing juga mengalami hal yang sama. Tinggal dihitung, imbuh Weni, apabila kebutuhan daging ayam sebanyak 3.000 ekor/hari serta kebutuhan kambing sebanyak 125 ekor /hari berapa kebutuhan riil menjelang hingga saat Lebaran datang. Semua rata-rata mengalami peningkatan sebesar 100% dibanding hari-hari biasa.

Advertisement

Untuk memenuhi kebutuhan daging sapi khususnya, menurut Weni, pedagang biasanya mengandalkan pasokan dari luar daerah. Untuk pasokan berupa hewan biasanya didatangkan dari Wonogiri, Sragen, Karanganyar hingga dari Jawa Timur. Sementara untuk pasokan berupa daging biasanya didatangkan dari Boyolali karena di kabupaten tersebut sudah tersedia rumah pemotongan hewan (RPH). Untuk pasokan khusus daging mencapai 700 kilogram (Kg) hingga 900 Kg/hari.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kebutuhan Daging
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif