Teknologi
Minggu, 5 Agustus 2012 - 13:12 WIB

SAINS: Tumbuhan Juga Bisa Melihat

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (en.wikipedia.org)

ilustrasi (en.wikipedia.org)

JOGJA—Peneliti dari Tel Aviv University (TAU) mengungkap keberadaan indera pada tumbuhan yang hampir mirip dengan manusia dan hewan. Menurut mereka, tumbuhan juga dapat melihat, merasakan sentuhan, mencium bau dan merasakan zat makanan.

Advertisement

Seperti dilansir Phys.org, Sabtu (4/8) waktu setempat, Direktur Manna Center for Plant Biosciences TAU, Profesor Daniel Chamovitz mengatakan, tumbuhan juga memiliki indera dengan karakter seperti manusia. Hal itu ia sampaikan dalam bukunya yang berjudul What a Plant Knows (Farrar, Straus and Giroux) dan artikelnya yang dimuat dalam Scientific American.

Menurut Chamovitz, penemuan tersebut membawa dampak cukup besar dalam dunia sains dan Biologi. Beberapa manfaatnya antara lain membantu penelitian sel dan genetis, serta eksperimen dalam  upaya pengamanan stok pangan dunia.

Chamovitz sebelumnya meneliti bagaimana tumbuhan bereaksi terhadap cahaya. Ia menemukan tumbuhan memiliki gen khusus yang berfungsi mengenali rangsangan tersebut. Menurut dia, gen tersebut ternyata mirip dengan gen pada manusia dan hewan. (ali)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gen Indera Sains Tanaman
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif