Kamis, 2 Agustus 2012 - 22:11 WIB

Kota Solo alami inflasi 0,5 persen

Redaksi Solopos.com  /  Aksara Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Kota Solo pada bulan Juli 2012, mengalami inflasi sebesar 0,5 persen atau lebih rendah dari inflasi bulan Juni yang sebesar 0,85 persen. Kasi Distribusi BPS Solo, Herminawati di kantornya Kamis (2/8) mengatakan, dari 7 kelompok komponen inflasi, 6 di antaranya mengalami inflasi dan hanya 1 yang mengalami deflasi. Sedangkan secara umum, ada 8 komoditas yang memberi andil inflasi terbesar antara lain, daging ayam ras, telur ayam ras, beras, gula pasir, kacang panjang, tempe, rokok kretek filter dan daging sapi.

Hermin memprediksi pada bulan Agustus 2012 masih akan terjadi inflasi dengan komponen penyumbang inflasi terbesar adalah daging ayam ras. Sebab menurut Hermin, komoditas tersebut masih merupakan pilihan konsumen sehari-hari. Sementara itu, dibandingkan 4 kota lain di Jawa Tengah, Kota Solo menempati peringkat ke 3. Peringkat pertama ditempati Purwoketo dengan inflasi 0,84 persen, Semarang 0,83 persen, Solo 0,5 persen dan Tegal 0, 3 persen.

Advertisement

Lebih lanjut diungkapkan Hermin, pihaknya terus memantau pergerakan harga terutama menjelang lebaran dengan melakukan survey 2 kali lipat dari biasanya. Survei secara intensif dilakukan mulai 24 Juli 2012 hingga 28 Agustus 2012. [SPFM/dev]

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif