Soloraya
Kamis, 2 Agustus 2012 - 14:14 WIB

KIRIMAN WESEL Naik 60% Jelang Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga tengah melakukan aktivitas di Kantor Pos Boyolali Kota, Kamis (2/8/2012). Pengiriman wesel jelang Lebaran meningkat. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)


Sejumlah warga tengah melakukan aktivitas di Kantor Pos Boyolali Kota, Kamis (2/8/2012). Pengiriman wesel jelang Lebaran meningkat. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI-Kenaikan jumlah transaksi terjadi di layanan kantor pos. Terutama untuk pengiriman wesel. Jelang Lebaran, kiriman wesel yang masuk ke Boyolali naik hingga 60%.

Advertisement

Kepala Kantor Pos Boyolali, Indriyatmoko mengatakan, kenaikan pengiriman wesel mulai terasa sejak bulan Juli lalu. Bahkan, kenaikannya mencapai 60% dibandingkan dengan bulan-bulan biasa atau sebelumnya. “Pada bulan Juni, wesel yang masuk sekitar 1.273. Juli tercatat 2.138. Kenaikan ini sangat siginifikan. Padahal belum mendekati Lebaran,” ujarnya saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (2/8).

Indriyatmoko menambahkan, pengiriman wesel yang masuk ke Boyolali ini kebanyakan berasal dari luar Jawa. Umumnya, mereka yang punya keluarga merantau di Sumatra, Kalimantan hingga Papua. “Kami memperkirakan, kenaikan wesel pada puncaknya terjadi H-10 hingga H+10 Lebaran. Hari-hari itu warga banyak hilir mudik ke kantor pos,” imbuhnya.

Begitu halnya dengan paket kiriman yang masuk ke Kota Susu ini. Pada hari-hari biasa, kiriman paket per harinya sekitar 15-25 buah. Akan tetapi, jelang Lebaran bisa mencapai 50 paket/hari. Meskipun demikian, jumlah paket ini dinilai tidak terlalu banyak. Kiriman uang dirasa lebih praktis dibandingkan barang. Terlebih, wesel pos kini bisa diambil sekitar 5menit hingga 10menit setelah pengiriman.

Advertisement

Sementara itu, salah seorang warga Boyolali Kota, Siti mengatakan, ia datang ke kantor pos untuk mengambil kiriman wesel dari anaknya yang bekerja di Kalimantan. Ia menuturkan, kiriman memang rutin diberikan anaknya untuk keperluan Lebaran. “Setiap tahun kirimannya berbeda-beda jumlahnya. Uang ini akan saya pakai untuk beli kebutuhan Lebaran cucu serta keluarga,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif