TIKET KERETA API Ekonomi AC Bengawan Rp100.000 Mulai Dijual

ilustrasi (Agoes Rudianto/Espos/dok)ilustrasi (Agoes Rudianto/Espos/dok)

SOLO—PT Kereta Api (KA) Daops VI Jogja mulai melayani penjualan tiket KA Bengawan kelas ekonomi AC Rabu (1/8/2012). Untuk sementara tiket seharga Rp100.000/penumpang itu dilayani hanya untuk satu gerbong penumpang dengan kapasitas 106 penumpang.

Seperti diketahui untuk memaksimalkan kemampuan daya tarik lokomotif KA ekonomi PT KA Daops VI Jogja menambah tujuh gerbong penumpang kelas ekonomi AC. Satu dari gerbong tersebut mulai dirangkaikan pada rangkaian Bengawan rute Solo-Jakarta mulai Kamis (2/8/2012). Satu gerbong lain ditambahkan di rangkaian KA Progo dan telah dioperasikan pekan lalu.

Kepala Humas Daops VI Jogja, Eko Budiyanto, saat ditemui Espos, di Stasiun Jebres, Rabu, menjelaskan gerbong ekonomi AC mulai ditawarkan Rabu. Namun, hingga Rabu siang, belum ada satu pun tiket tersebut terjual. “Sudah dijual mulai hari ini (Rabu-red), tapi belum ada yang terjual,” kata Eko.

Menurut Eko, tiket ekonomi AC belum laku bukan lantaran tidak diminati, melainkan karena belum banyak masyarakat yang tahu bahwa ada tambahaan satu gerbong penumpang KA Bengawan. Harga tiket ekonomi AC yang mencapai Rp100.000 memang dibanderol lebih tinggi dibandingkan tiket ekonomi reguler senilai Rp37.000. Akan tetapi dibandingkan dengan tiket KA bisnis dan eksekutif harga tiket ekonomi AC lebih murah. Tiket kelas bisnis bisa menembus lebih dari Rp200.000 saat peak season.

Lebih jauh, tambahan gerbong penumpang kelas ekonomi AC dipastikan menambah kapasitas Bengawan yang saat ini hanya dibatasi enam gerbong. Masyarakat dapat pula memanfaatkan tambahan ini saat arus mudik dan balik Lebaran mendatang. Apalagi, berdasarkan catatan PT KA, tiket arus balik dari Solo ke Jakarta untuk KA ekonomi telah ludes H+1 hingga H+14 atau 3 September 2012. Sayangnya, tiket Bengawan ekonomi AC baru bisa dilayani untuk H-7 perjalanan, tidak seperti tiket ekonomi reguler yang bisa dibeli H-90.

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »