Soloraya
Selasa, 31 Juli 2012 - 19:22 WIB

134 PEJABAT STRUKTURAL Pemkot Solo Dimutasi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pejabat struktural baru di lingkungan Pemkot Solo mengucapkan sumpah saat dilantik di Balai Tawangarum, Balaikota Solo, Selasa (31/7/2012). Pelantikan tersebut dilakukan oleh Walikota Solo, Joko Widodo. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Pejabat struktural baru di lingkungan Pemkot Solo mengucapkan sumpah saat dilantik di Balai Tawangarum, Balaikota Solo, Selasa (31/7/2012). Pelantikan tersebut dilakukan oleh Walikota Solo, Joko Widodo. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Sebanyak 134 pejabat struktural, termasuk enam pejabat eselon II dan dua camat dimutasi dan dilantik oleh Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), di Balai Tawangarum, Balaikota, Selasa (31/7/2012) siang. Mutasi ini sekaligus untuk pengisian sekitar 30 kursi jabatan yang kosong.

Advertisement

Rinciannya, 134 pejabat yang dilantik itu terdiri atas enam pejabat eselon II, 23 pejabat eselon III, 101 pejabat eselon IV dan empat pejabat eselon V. Ada dua jabatan eselon II di pemkot yang sebelumnya kosong, yakni Kepala Inspektorat dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH). Kepala Inspektorat diisi oleh Untara, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Sedangkan kepala BLH diisi oleh Agus Sutrisno, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Inspektorat.

Kepala Dispendukcapil sekarang dijabat oleh Tri Puguh Priyadi, yang sebelumnya menjabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sutarjo yang semula menjabat Kabag Humas dan Protokol didapuk menggantikan Puguh. Dua pejabat eselon II lainnya yang dilantik adalah Asih Widodo yang naik dari jabatan Kabag Perekonomian menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi serta Agustaf Sri Waryanto yang naik dari jabatan Kabag Pemerintahan menjadi Ataf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun dua camat yang digantikan adalah camat Jebres Basuki Anggoro Hexa, dimutasi sebagai Kabag Pemerintahan dan digantikan oleh Sri Wirasti. Lalu Camat Laweyan, Agus Wiyono, dimutasi sebagai Sekretaris Dispendukcapil dan sebagai gantinya ditunjuk Hendro Pramono, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kecamatan Banjarsari. Kabag Humas dan Protokol sekarang dijabat oleh Kentis Ratnawati, yang sebelumnya Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Advertisement

Jokowi, dalam sambutannya mengungkapkan mutasi itu dilakukan dengan melihat kinerja. “Bukan berarti yang tidak dimutasi tidak dilihat, tapi masih akan ada kesempatan-kesempatan mutasi lainnya. Mungkin Oktober mendatang,” jelasnya.

Jokowi selanjutnya mengingatakan agar semua jajaran birokrasi bahwa Pemkot Solo sudah dikenal sebagai organisasi dengan manajemen yang baik. Terbukti, Pemkot Solo menjadi satu-satunya finalis dari kalangan organisasi pemerintah dalam ajang Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE) Study, bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. “Sangat penting untuk mempertahankan predikt tersebut. Saya melihat masih ada titik-titik yang perlu diperbaiki. Kuncinya adalah kualitas manajemen dan kualitas kepemimpinan,” ujar Jokowi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif