Mobil cc Kecil Bersiap Masuk Pasar

Honda Brio (google img)Honda Brio (google img)

SOLO—Setelah lama diwacanakan sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) memastikan segera merilis mobil irit BBM atau mobil ber-cc kecil ke pasaran.

Honda bakal mengawali dengan merilis Honda Brio awal Agustus mendatang. Sedangkan Mitsubishi bakal menyusul kemudian dengan Mirage. Sales Area Manager Honda Bintang, Engkwang (Erik), menjelaskan Honda Brio dipastikan dirilis di Jakarta 2 Agustus. Peluncuran unit ini di Solo dipastikan setelah tanggal tersebut. “Sudah pasti akan rilis awal Agustus. Sementara ini walau belum rilis, sudah ada inden yang kami terima,” kata Erik, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Senin (30/7/2012).

Seperti sudah digaungkan, Brio merupakan citycar dengan cc kecil, hanya 1.300 cc. Namun, tak sekedar mengusung konsep irit, Erik yang telah menjajal Brio dalam drive test internal, mengatakan citycar Honda ini memiliki kelebihan, yakni bagasi yang luas, kenyamanan serta fitur keamanan yang cukup lengkap. Dua tipe Brio, Brio S dan Brio E, dilengkapi airbag dan neck shock mitigation seat di sandaran kursi yang mengamankan penumpang kursi belakang jika terjadi kecelakaan.

Di Indonesia, Honda Brio 1.300 cc bakal dijual di kisaran harga Rp150 juta-Rp170 juta (harga Jakarta). Erik mengakui dibandingkan varian mobil Honda lain, Brio masuk di kelas menengah ke bawah alias low end. Menurutnya, seiring perkembangan pasar mobil di Tanah Air, segmen low end adalah segmen yang paling berkembang. “Jadi mau tidak mau Honda juga harus bermain di low end.”

Sementara itu, Branch Manager PT Sun Star Motor (Mitsubishi) Solo, Kiat Setiaji, ditemui terpisah, menyampaikan citycar Mitsubishi, Mirage, direncanakan masuk pasar Tanah Air setelah bulan September atau jelang triwulan akhir 2012. Dia menjelaskan Mirage menggunakan mesin dengan kapasitas kecil 1.000 cc.

Soal harga Kiat belum bersedia membeberkan, namun dia yakin kemunculan Mirage bakal mendongkrak pangsa pasar Mitsubishi. Seperti diketahui Mitsubishi selama ini lebih banyak bermain di pasar mobil niaga dan untuk mobil penumpang di kelas SUV, dengan Pajero Sport dan yang terbaru, Outlander Sport. “Harga Mirage saya belum bisa sampaikan, ya kisaran lebih dari Rp100 juta,” ujar dia.

Editor: | dalam: Ekonomi,Otomotif |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »