Soloraya
Rabu, 25 Juli 2012 - 12:38 WIB

WONOSEMAR: UNS-Boyolali Garap Wonosemar

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UNS jalin kerja sama dengan Kabupaten Boyolali dalam beberapa sektor. Kerja sama ini diawali dengan pertemuan di Pemkab Boyolali, Selasa (26/7/2012). (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)


UNS jalin kerja sama dengan Kabupaten Boyolali dalam beberapa sektor. Kerja sama ini diawali dengan pertemuan di Pemkab Boyolali, Selasa (24/7/2012). (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI-Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berencana kembali menggarap kawasan Wonosemar, Desa Pentur, Kecamatan Simo. Rencana ini dimatangkan dengan adanya kerja sama antara UNS dengan Pemkab Boyolali, Selasa (24/7/2012) petang.

Advertisement

Rektor UNS, Prof DR Ravik Karsidi mengatakan, dalam hal ini UNS tidak bisa berjalan sendiri.“Kerja sama UNS dengan Boyolali terkait Wonosemar sudah lama dilakukan. Berbagai penghargaan juga telah diraih terkait kawasan yang sangat potensial untuk penelitian,” tuturnya dalam dialog bersama Bupati Boyolali di Pemkab Boyolali, Selasa.

Dekan MIPA UNS, Prof Ir Ari Handono Ramelan menambahkan, kawasan Wonosemar untuk pengembangan ilmu biologi. Pihaknya siap membantu tanaman-tanaman langka untuk penghijauan. Antara lain, kayu cendana dan kayu eboni. Wilayah ini bakal dijadikan kawasan yang sama di Grobogan yakni, laboratorium lapangan.

Pembantu Rektor I, Prof Drs Sutarno MSc PHd menerangkan, di daerah Boyolali utara perlu sentuhan teknologi. Ia mengatakan, tidak perlu banyak biaya asal mengoptimalkan energi tepat guna.  “Kami sudah mulai merintis untuk pendirian kandang di Wonosegoro. Kami melihat banyak penduduk yang belum memunyai pekerjaan dan berusaha membedayakannya,” katanya.

Advertisement

Dekan Pertanian UNS, Prof Bambang Puji Astmano memaparkan, pihaknya siap membantu dalam bidang peternakan. Fakultas Pertanian memiliki analis ternak, pakan ternak hingga pertanian.

Sementara Bupati Boyolali, Seno Samodro menegaskan, pihaknya telah menyiapkan bibit tanaman untuk disebar di kawasan Wonosemar. Hal ini sebagai komitmen Boyolali untuk menghijaukan wilayahnya. Ia meminta UNS untuk mengutamakan Boyolali dalam kerja sama di berbagai bidang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif