KESEHATAN
Telinga Nyeri, Waspadai Radang!

ilustrasiilustrasi

ilustrasi

Telinga terasa nyeri saat dipegang perlu diwaspadai, bisa saja itu merupakan gejala radang telinga. Radang telinga memang kadang disertai ciri-ciri bengkak dan gangguan pendengaran pada bagian telinga dalam.

Gejala pada penyakit ini berbeda-beda. Radang telinga tengah dalam bahasa medisnya disebut acute otitis media. Menurut dokter spesialis THT, Supriyati, penyakit itu merupakan infeksi atau peradangan yang disebabkan virus maupun bakteri.

“Penyebabnya akan memengaruhi telinga bagian tengah, ruang berisi udara di belakang gendang telinga,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (24/7).

Penyebab radang telingan bisa diketahui berdasarkan gejala-gejalanya. Menurutnya, dua jenis radang telinga yakni otitis eksterna dan otitis media. Karena itu penyebab sakit telinga tersebut memiliki gejala yang berbeda.

Gangguan yang menyerang bagian dalam telinga, lanjutnya, biasa terjadi pada anak-anak. Tetapi, faktor kebersihan dan serangan bakteri maupun virus yang ada tidak menutup kemungkinan penyakit akan menyerang orang dewasa.

Gejala-gejala otitis eksterna yakni nyeri kecil dengan rasa panas seperti terbakar, bengkak dan terasa buntu. Sementara gejala paling umum pada otitis media yakni demam, kehilangan kepekaan terhadap suara, nyeri dan terasa tidak nyaman pada telinga. Pada penderita anak-anak, jenis radang telinga akan juga disertai diare, nafsu makan berkurang, dan rewel.

Berada di bagian dalam gendang telinga, radang telinga menyebabkan rasa nyeri yang kuat. Nyeri itu menurut Supriyati karena peradangan dan juga penumpukan cairan di dalam telinga bagian tengah. “Keluhannya nyeri di telinga, entah karena luka, bengkak, ataupun efek dari penyakit sekitar THT,” jelas dokter di RS Jogja itu.

Disampaikan juga, serangan bagian dalam telinga bisa terjadi akibat penyakit lain seperti influenza maupun demam. Pada penderita influenza akut kadangkala menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung, tenggorokan, dan tabung eustachius atau lubang hidung bagian belakang.

Menurut Supriyati, radang yang banyak terjadi pada anak-anak itu bisa diketahui dari beberapa ciri atau efek yang ditimbulkannya. Efek tersebut misalnya anak susah tidur dan rewel, kurang bisa mendengarkan saat diajak bicara, merasa pusing, sakit tenggorokan, hingga nafsu makan menurun.

Ketika diperiksakan ke dokter biasanya sakitnya sudah cukup parah. Supriyati menyampaikan, pertolongan pertama untuk pengobatan akan diberikan dengan meneteskan obat khusus dengan dosis tertentu. “Ada obat tertentu, untuk anak-anak maupun dewasa. Obat cairan biasanya diteteskan sekaligus antibiotik,” terang dia.

Pengobatan selanjutnya disesuaikan dengan penyebab dari penyakit. Jika penyakit disebabkan bakteri atau virus, dibutuhkan antibiotik guna membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan telinga. Antibiotik yang diberikan pun harus disesuaikan dengan virus atau bakteri penyebabnya.

Gejala Radang Telinga

- Sakit telinga, disebabkan adanya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga

- Demam tinggi, kadang disertai diare

- Selera makan turun atau hilang, karena telinganya sakit pada saat mengunyah dan menelan

- Keluarnya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan

- Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual-mual, muntah, dan sakit kepala

Diolah dari berbagai sumber

Editor: | dalam: Kesehatan |

10 Komentar pada “KESEHATAN: Telinga Nyeri, Waspadai Radang!”

  1. iye
    13 Januari 2013 pukul 21:55

    Salam hangat yaa dok…
    Sebelumnya saya ingin bertrmksih atas blogny,krn sangat bermanfaat sekali untuk saya…dan ada yang ingin saya tanyakn dok..
    Umur saya 26 th&sdh 2th ini telinga kanan saya tdk bsa mnram suara (hmpir tuli) suara msh bsa sya dengar dengan telinga kanan tapi sanagt kecil sekali…yang saya rsakan telinga saya seprti ada cairan didlmnya,kdang2 terasa nyeri&berdengung…tapi cairan trsbut tidak keluar (congek) dn tdk skit jga…tdak ada pmbengakan jga…saya sudah k 2 dr THT&hnya dsedot dr luar&dberi obt antibiotik&tetes hidung..tapi sampai saat ini blm ada perubahan sama s x…apa yang harus saya perbuat yaa dok??&bgaimana cara mengobatinya??sebelumnya saya ucapakn terimaksih..

  2. iye
    15 Januari 2013 pukul 21:52

    assalamu alaikum dok.mau nanya dok…. aq pria berumur 25 thn.brbrpa hari yang lalu aq membersihkan telinga dengan memasukkan air kdalamnya.lalu tanpa pkir aq msukkan jari dengan alasan biar btul2 mksimal.tpi yg trjdi jstru sakit yang aq rasakan n parahnya air yg tdi ada yg msih tinggal n ngk bisa kluar hingga pndengran pun trganggu.yg trdengr suara brdengung.smpe telinga pun bengkak n kdang nyeri.itu gmna dok solusinya?mohon pnjelasannya dok.syukran sbelumnya

  3. oman
    3 Februari 2013 pukul 04:58

    informasi yang baik untuk orang tua

  4. aam syarifatul munawaroh
    3 Februari 2013 pukul 09:33

    aslmkm.
    salam kenal dok,,
    nama saya aam umur 27 tahun..
    udah 3 hari ini telinga kiri saya terasa sakit,mungkin lebih tepatnya ngilu,ada cairan bening yg kluar,
    kadang suka mendengung,seperti suara speaker klo dinyalakn tp g dipake…
    trs dipegang dr luar z nyeri,dan agak bengkak jg…knpa ya dok?
    jujur beberapa hari terakhir ini saya srg bgt membersihkn telinga pake cutton but agak dalam,habisnya gatal…
    pa yg terjadi dgn telinga saya,dok?
    mohon penjelasan & pertolongan pertama’y…
    makasih

  5. Sri mulya lestari
    10 Februari 2013 pukul 07:05

    .tadi pagi saya bangun, saya merasakan di dalam telinga saya sakit, seperti ada yg masuk, tapi gak ada yg masuk, telinga saya terasa brdenyut sehingga membuat saya kesakitan, akhirnya kpala saya terasa berat dan telinga seperti tuli tapi msh bisa mendengar, telinga saya seperti di terhalang oleh sesuatu di dalamnya, itu mengakibatkan telinga saya sakit bgt.. Apa yg harus saya lakukan?

  6. nurkhozin
    15 Maret 2013 pukul 18:57

    selamat malam dok…
    langsung aja ke persoalan dok, umur saya 34 th saya ingin bertanya pada daun telinga bagian dalam saya muncul benjolan yang dari hari kehari tambah besar, tdk ada pengaruhnya thp pendengaran saya hanya bila pada daun telinga yang bengkak/terdapat benjolan saya tekuk terasa nyeri.gimana dok solusinya?dan gimana cara pengobatannya?atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  7. na
    11 April 2013 pukul 19:53

    Assalamu’alaikum.
    saya wanita, umur 24 tahun. setiap menjelang mens, jg waktu hamil (tp akhirnya keguguran), telinga dalam saya biasanya bengkak. saya tidak berani pake obat tetes telinga, karena dahulu langanan sedot cairan telinga di THT (skrg sudah tidak), takut kambuh lagi. itu kenapa ya, Dok? mohon penjelasannya. terima kasih.

  8. faisal
    17 Mei 2013 pukul 05:55

    Saya faisal dok umur 21 thn saya mau tanya pada saat saya membersihkan kuping saya dengan cutton bud kuping saya ko seperti kaya bengkak dalemnya yah dan terasa linu pendengaran pun berkurang dok kenapa yah tolong jawab dok

  9. El Usafa
    17 Mei 2013 pukul 22:23

    Salam. Dok, saya perempuan usia 19 tahun, beberapa hari yang lalu saya mengalami sakit telinga namun hanya di daun telinga sebelah kanan, terutama ketika dipegang tapi hanya sesaat saja, kurang dari lima menit, rasa sakit tsb hilang, namun beberapa saat setelahnya kembali sakit. Mohon penjelasan dokter. Atas perhatian dan jawaban dari dokter saya ucapkan trimakasih.

  10. ratno
    26 Mei 2013 pukul 01:43

    ratno
    assalamu alaikum dok..mau nanya
    aku berumr 28 thn.tlinga sya bagian dalm sakit dok,sampe mau makan aja gak bisa dok.malah kian trasa sakit seluruh bdan sya.bagian luar tlinga sya juga sakit,penyebabnya apa ya dok
    sampai saat ini blum sembh..
    mhon penjelasannya dok.trima kasih..

Silahkan bergabung untuk diskusi


Iklan Baris
Menarik Juga »