ilustrasi ilustrasi
Rabu, 25 Juli 2012 09:57 WIB Pamuji Tri Nastiti/JIBI/Harian Jogja Kesehatan Share :

KESEHATAN
Telinga Nyeri, Waspadai Radang!

ilustrasi

Telinga terasa nyeri saat dipegang perlu diwaspadai, bisa saja itu merupakan gejala radang telinga. Radang telinga memang kadang disertai ciri-ciri bengkak dan gangguan pendengaran pada bagian telinga dalam.

Gejala pada penyakit ini berbeda-beda. Radang telinga tengah dalam bahasa medisnya disebut acute otitis media. Menurut dokter spesialis THT, Supriyati, penyakit itu merupakan infeksi atau peradangan yang disebabkan virus maupun bakteri.

“Penyebabnya akan memengaruhi telinga bagian tengah, ruang berisi udara di belakang gendang telinga,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (24/7).

Penyebab radang telingan bisa diketahui berdasarkan gejala-gejalanya. Menurutnya, dua jenis radang telinga yakni otitis eksterna dan otitis media. Karena itu penyebab sakit telinga tersebut memiliki gejala yang berbeda.

Gangguan yang menyerang bagian dalam telinga, lanjutnya, biasa terjadi pada anak-anak. Tetapi, faktor kebersihan dan serangan bakteri maupun virus yang ada tidak menutup kemungkinan penyakit akan menyerang orang dewasa.

Gejala-gejala otitis eksterna yakni nyeri kecil dengan rasa panas seperti terbakar, bengkak dan terasa buntu. Sementara gejala paling umum pada otitis media yakni demam, kehilangan kepekaan terhadap suara, nyeri dan terasa tidak nyaman pada telinga. Pada penderita anak-anak, jenis radang telinga akan juga disertai diare, nafsu makan berkurang, dan rewel.

Berada di bagian dalam gendang telinga, radang telinga menyebabkan rasa nyeri yang kuat. Nyeri itu menurut Supriyati karena peradangan dan juga penumpukan cairan di dalam telinga bagian tengah. “Keluhannya nyeri di telinga, entah karena luka, bengkak, ataupun efek dari penyakit sekitar THT,” jelas dokter di RS Jogja itu.

Disampaikan juga, serangan bagian dalam telinga bisa terjadi akibat penyakit lain seperti influenza maupun demam. Pada penderita influenza akut kadangkala menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung, tenggorokan, dan tabung eustachius atau lubang hidung bagian belakang.

Menurut Supriyati, radang yang banyak terjadi pada anak-anak itu bisa diketahui dari beberapa ciri atau efek yang ditimbulkannya. Efek tersebut misalnya anak susah tidur dan rewel, kurang bisa mendengarkan saat diajak bicara, merasa pusing, sakit tenggorokan, hingga nafsu makan menurun.

Ketika diperiksakan ke dokter biasanya sakitnya sudah cukup parah. Supriyati menyampaikan, pertolongan pertama untuk pengobatan akan diberikan dengan meneteskan obat khusus dengan dosis tertentu. “Ada obat tertentu, untuk anak-anak maupun dewasa. Obat cairan biasanya diteteskan sekaligus antibiotik,” terang dia.

Pengobatan selanjutnya disesuaikan dengan penyebab dari penyakit. Jika penyakit disebabkan bakteri atau virus, dibutuhkan antibiotik guna membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan telinga. Antibiotik yang diberikan pun harus disesuaikan dengan virus atau bakteri penyebabnya.

Gejala Radang Telinga

– Sakit telinga, disebabkan adanya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga

– Demam tinggi, kadang disertai diare

– Selera makan turun atau hilang, karena telinganya sakit pada saat mengunyah dan menelan

– Keluarnya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan

– Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual-mual, muntah, dan sakit kepala

Diolah dari berbagai sumber

lowongan kerja
lowongan kerja HRD.SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • XENIA Li’2007

    XENIA Li’2007 Silver VR AC TP Msn Bd PjkBr Istw 82Jt085100051511…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • Lowongan Pengasuh Bayi

    BUKAN PENYALUR,Diutamakn Dr Daerah,Putri Max30th,Pengasuh Bayi Cewek 1Th Lbh&Kbersihan,Wjb TdrDlm DiSolo…

  • CITY Vtex’2000

    HONDA CITY Vtex’2000 Merah VR AC TP MsnBdy Ist64Jt085100051511…

  • Lowongan Sopir,Serabutan &ADM

    PENYALUR VARIASI Mobil Smrg Cr Kryw:Mau Krj,Bs Diprcaya,Sopir:SMA,SIMA 25-35Th,Srbtn:Pria SMA SIM C,2-25Th,Adm…

  • KARIMUN GX’2005

    KARIMUN GX’2005 Htm,M/T,AD-Solo,PjkBr(70),LsgPkai:087735002228…

  • L300 PU’2008

    L300 PU’2008 Hitam,Pjk Gres,AD-Solo(80Jt Saja)Siap Kerja:784148…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

Leave a Reply



PROMO SPESIAL
Pemikiran Karl Marx ( Cover Baru)
Dalam Bayang-Bayang Lenin [Cover Baru]
Dari Mao Ke Marcuse [Cover Baru]
WONDERFUL LIFE: THE NOVEL

Kolom

GAGASAN
Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…