Soloraya
Rabu, 25 Juli 2012 - 09:03 WIB

DERMAGA WADUK CENGKLIK Mangkrak Puluhan Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dermaga yang terletak di ujung timur kawasan Waduk Cengklik, Ngempak, Boyolali, masih berdiri meskipun papan-papannya telah raib. Prasarana itu dinilai warga saat ini tak memiliki kejelasan konsep dan fungsi. (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)


Dermaga yang terletak di ujung timur kawasan Waduk Cengklik, Ngempak, Boyolali, masih berdiri meskipun papan-papannya telah raib. Prasarana itu dinilai warga saat ini tak memiliki kejelasan konsep dan fungsi. Foto diambil Selasa (24/7/2012). (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Dermaga di ujung timur kawasan Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali, mangkrak. Warga di sekitar lokasi menyayangkan ketidakjelasan dan tak ada kelanjutan program pasca pembangunan prasarana itu.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (24/7/2012), pembangunan dermaga dilakukan sekitar 1984 lalu. “Saya ikut mengerjakan prasarana di sekitar dermaga selaku pekerja saat itu. Dermaga hanya dipakai sampai sekitar 1985 setelah itu tak jelas mau difungsikan sebagai apa,” kata Sukir, 47, warga Tegalrejo, Ngesrep, Ngemplak, yang saat ini aktif sebagai petani ikan di waduk itu.

Sukir menjelaskan dermaga itu sempat aktif berfungsi saat Waduk Cengklik dipakai sebagai lahan lomba dayung dan sky. Bahkan, dia mengatakan pada era tersebut telah dirancang paket wisata berupa taman satwa di sisi utara waduk.  “Dulu aktif dipakai untuk lomba dayung tingkat nasional dan ada rancangan dermaga sebagai tempat parkir perahu yang mengantar pengunjung ke taman satwa, jadi semacam paket itu,” paparnya.

Namun, lanjutnya, tidak ada kejelasan program hingga saat ini. Padahal menurutnya, hal itu lebih prospek menciptakan kesejahteraan warga dibanding kondisi waduk yang saat ini banyak dimanfaatkan pihak-pihak tertentu sebagai lahan karamba.  “Namanya objek wisata jika menarik dan ramai dikunjungi maka secara otomatis ekonomi warga tergerak. Memang untuk karamba saat ini menghasilkan tapi tidak dinikmati seluruh warga sekitar waduk,” imbuhnya.

Advertisement

Papan Raib

Dermaga sepanjang sekitar 10 meter itu berdiri di ujung timur waduk atau termasuk wilayah Desa Sobokerto, Ngemplak. Rangka besi serta pilar-pilarnya terlihat masih utuh. Namun sayangnya, papan yang mestinya berada di atas rangka-rangka besi itu raib.

“Sudah sekitar delapan tahun lalu papan-papannya hilang, beberapa ada yang setebal 10 cm. Sudah tak jelas fungsi ditambah hilang papannya,” tandas warga setempat, Wiji, 60.

Advertisement

Sementara ini, lokasi sekitar dermaga digunakan sebagai tempat parkir sampan-sampan petani ikan. Selain itu, sedimen di sekitarnya telah berbentuk daratan yang penuh ilalang.

Advertisement
Kata Kunci : DERMAGA WADUK CENGKLIK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif