Soloraya
Selasa, 24 Juli 2012 - 16:31 WIB

PEDAGANG MEBEL Pasar Keden Kebanjiran Pembeli

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa pekerja sedang berusaha menata mebel di depan los Pasar Keden untuk dikirim kepada pembeli, Selasa (24/7/2012). Menjelang lebaran permintaan mebel di pasar itu meningkat. (Foto: Arief Setiadi)

Beberapa pekerja sedang berusaha menata mebel di depan los Pasar Keden untuk dikirim kepada pembeli, Selasa (24/7/2012). Menjelang lebaran permintaan mebel di pasar itu meningkat. (Foto: Arief Setiadi)

KLATEN--Menjelang lebaran pedagang mebel di Pasar Tradisional Keden, Pedan kebanjiran pembeli. Para pedagang mengaku selalu kehabisan barang dagangan, meskipun pasar hanya buka setiap Wage.

Advertisement

Keterangan yang didapatkan Solopos.com dari beberapa pedagang mebel menyebutkan, kenaikan pembeli tersebut sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. Pada hari-hari sebelumnya, barang dagangan tidak habis terjual dalam satu hari pasaran, namun menjelang Lebaran ini dagangannya selalu habis terjual.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang pedagang mebel, Rita, 45, ketika ditemui Solopos.com di los miliknya Selasa (24/7/2012) siang. Rita menambahkan mebel yang paling laris untuk saat ini adalah jenis kursi dan meja. Untuk jenis-jenis yang lain permintaan masih cenderung normal. “Meja dan kursi itu paling dicari, mungkin, mau dipakai saat Lebaran,” katanya.

Dirinya juga menambahkan meningkatnya permintaan tersebut juga diikuti naiknya harga mebel. Pada hari-hari sebelumnya harga satu set kursi kayu dia jual dengan harga mulai Rp500.000-Rp750.000 kini dia menjual dengan harga Rp550.000-Rp800.000 setiap satu set. Naiknya harga tersebut menurut Rita dikarenakan dari perajin mebel juga menaikan harga. Jadi dirinya dan pedagang lain juga menaikkan harga. “Kita disini hanya jual saja, kalau dari perajin naik, kita juga ikut naik,” tambahnya.

Advertisement

Pedagang mebel yang lain, Sastro Rahrjo, 45, mengatakan hal serupa dengan Rita. Selain itu dirinya juga memprediksikan peningkatan permintaan itu akan berlangsung hingga beberapa pekan setelah lebaran. Hal itu dikarenakan daya beli masyarakat selalu meningkat saat sebelum dan setelah lebaran. “Lebaran itu menjadi berkah bagi pedagang mebel,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif