Soloraya
Minggu, 22 Juli 2012 - 19:57 WIB

MELONGOK SUMUR ASIN di Desa Ngaglik...

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah sumur asin di Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Boyolali. Sumur itu kini tidak dipergunakan lagi. Foto diambil akhir pekan lalu. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)


Sebuah sumur asin di Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Boyolali. Sumur itu kini tidak dipergunakan lagi. Foto diambil akhir pekan lalu. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

Di Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Boyolali terdapat sebuah sumur dengan air berasa asin. Keberadaan sumur dengan rasa istimewa ini sudah puluhan tahun lalu. Bahkan, telah ada sejak zaman penjajahan.

Advertisement

Dahulu, sumur ini menjadi salah satu potensi desa setempat. Rasanya yang asin kemudian dimanfaatkan penduduk setempat untuk membuat garam. Garam asal Ngaglik ini sempat moncer hingga ke berbagai daerah.  Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, garam produksi warga asli Sambi ini turun pamor. Garam Ngaglik tersaingi oleh banyaknya produk dari daerah lain yang marak di pasaran.
Salah satu penduduk setempat, Ahmad Ma’ruf menuturkan, sumur asin ini sudah ada sejak zaman Jepang. Kakek 60 tahun ini menceritakan, dahulu warga yang membuat garam dari sumur ini bisa sampai 150 orang.  Dari sumur berdiameter sekitar 50 meter itu, warga mengalirkan air asin itu ke petak-petak kayu. Air asin itu dibiarkan hingga mengeras dan membentuk kotak-kotak sesuai tempatnya.

Menurutnya, sumur asin itu mempunyai kedalaman hingga 15 meter. Sumber air asin ini konon juga keluar di luar sumur. Di sekitar sumur banyak bergelembung air dan rasanya juga asin. “Sekitar 100 meter dari sumur juga ada sumber air asin. Asalnya mungkin juga dari sini. Akan tetapi, sekarang sudah tidak keluar airnya,” tutur Ma’ruf saat ditemui di lokasi akhir pekan lalu.

Lambat laun, usaha garam ini surut dan akhirnya mati. Kini warga justru memanfaatkan lahan  di sekitar sumur untuk bercocok tanam. Penduduk memilih menanam palawija seperti jagung, kacang dan sebagainya.  Ia berharap, usaha pembuatan garam bisa dimulai lagi. Selain memanfaatkan potensi sumur asin yang ada juga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Advertisement

Sementara Kades Ngaglik, Qomari mengatakan, dahulu luasan genangan air asin yang dimanfaatkan warga untuk membuat garam mencapai tiga hektar. Namun saat ini luasan hanya tinggal belasan meter saja. Ia juga berharap supaya air asin di desanya dapat dikembalikan lagi kejayaannya.  “Setidaknya di bidang pariwisata dapat dikembalikan seperti dulu. Sumur asin ini bisa menjadi sumber penghasilan warga kembali,” katanya.

Qomari menjelaskan, sumur asin dulunya bukan hanya satu buah. Akan tetapi, sekarang tinggal satu karena yang lainnya tertimbun tanah. Ia berharap, potensi di desanya bisa meningkat.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Desa Ngaglik Sumur Asin
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif