Lifestyle
Selasa, 10 Juli 2012 - 09:53 WIB

TIPS HERBAL: Stroberi Kencangkan Kulit Wajah

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Banyak orang yang melakukan segala cara untuk mempercantik kulitnya. Sebenarnya banyak bahan alami yang bisa digunakan membantu membantu mengencangkan kulit wajah, salah satunya ekstrak stroberi.

Advertisement

Buah berwarna merah ini memang banyak digunakan untuk campuran produk-produk kecantikan. Salah satu produk alaminya yakni dalam bentuk masker dan krim pembersih.

Pengelola rumah herbal dan aromaterapi di wilayah Klodran Bantul, Wisnu Sanjaya mengatakan, konsep kembali alami kini banyak dipilih sebagai alternatif aktivitas kesehatan dan kebugaran. “Untuk material spa dan perawatan kecantikan lainnya juga banyak menawarkan sari buah termasuk nutrisari stroberi yang kaya vitamin,” katanya kepada Harian Jogja Express di Bantul, Minggu (8/7).

Wisnu menjelaskan, kandungan stroberi diterapkan untuk bahan spa dan kecantikan karena memiliki kandungan zat yang baik untuk kulit. Buah berasa manis asam itu mempunyai konsentrasi tujuh zat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain.

Advertisement

Antioksidan itu, katanya, adalah kandungan yang efektif untuk mencegah proses oksidasi pada tubuh. “Oksidasi itu adalah hancurnya jaringan tubuh karena pengaruh radikal bebas seperti asap kendaraan, rokok maupun polusi udara. Oksidasi ini juga berpengaruh besar pada proses penuaan kulit,” lanjutnya.

Stroberi yang dimakan secara langsung dengan teratur dan jumlah tertentu bisa bermanfaat mengencangkan, menghaluskan, dan membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Tetapi, ketika tidak mengonsumsi buahnya, resep kecantikan bisa dilakukan dengan lulur atau scrub stroberi.

Adapun menurut terapis kecantikan di rumah spa daerah Ringroad Utara Jogja, Chatisa, bahan spa dari ekstrak stroberi banyak dipilih karena kandungan asamnya bisa mengencangkan kulit. “Ada asam silisilat yang membantu mengencangkan kulit, juga vitamin B, C, E, dan K yang menyehatkan dan meremajakan semua jenis kulit,” jelas Tisa.

Di samping itu, stroberi juga mengandung provitamin A yang dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah. Buah tersebut sekaligus mencegah terjadinya pengeriputan kulit. Tidak mengherankan juga ketika sari stroberi juga bisa dijadikan obat jerawat alami untuk kulit muka.
Selain untuk penggunaan sari buah untuk campuran bahan kecantikan, sari buah alaminya juga berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antranya yakni menyusutkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengobati panas dalam.

Advertisement

Menurut Tisa, sebagai penyusut kolesterol, buah tersebut mengandung potassium yang merupakan salah satu mineral yang cocok untuk mereka yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengonsumsi stroberi juga menyumbang asupan serat yang membantu proses penghancuran makanan di saluran pencernaan.

Khasiat Stoberi

1. Pemakaian lulur stroberi segar bisa dilakukan dengan cara berikut :

Siapkan tiga buah stroberi segar, tiga sendok madu, tiga sendok baking soda, tiga sendok gula pasir

Advertisement

Beri sedikit air secukupnya untuk menyampur dan mengentalkan bahan

Blender semua bahan hingga lembut lalu oleskan pada kulit wajah hingga kering

Bilas dengan air bersih hangat

Stroberi akan membuat kulit halus dan wangi, madu dipercaya mengandung banyak vitamin E, baking soda akan membantu membersihkan kulit, sedangkan gula bekerja seperti scrub yang akan membantu mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati pada kulit

Advertisement

Tips :Untuk mendapat efek yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur kocok, satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak kelapa. Penggunaan masker dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu

2. Mengatasi panas dalam

Siapkan lima buah stroberi segar

Cuci bersih kemudian potong-potong

Tambahkan100 cc susu kacang kedelai, gula pasir secukupnya, delapan potong es batu

Campur seluruh bahan, lalu blender halus

Advertisement

Hidangkan dalam keadaan dingin. Selain rasanya yang enak dan dapat mengatasi panas dalam. Bila rutin mengonsumsi jus stroberi juga bisa menyegarkan tubuh, meningkatan kreativitas, dan memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Diolah dari berbagai sumber

Advertisement
Kata Kunci : Herbal Kulit Wajah Stroberi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif