Lifestyle
Senin, 9 Juli 2012 - 07:57 WIB

KESEHATAN: Tidur Teratur Cegah Migrain

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (smilesbymartin.com)

ilustrasi (smilesbymartin.com)

Aktivitas sehari-hari bakal terganggu ketika migrain menyerang kepala. Migrain atau sakit kepala sebelah terjadi karena banyak sebab, salah satunya pola tidur yang tidak teratur.

Advertisement

Menghindari munculnya migrain bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup baik untuk kegiatan sehari-hari maupun asupan makanan. Dokter penyakit dalam, Probosuseno mengatakan, sakit kepala sebelah biasanya didahului oleh beberapa faktor pemicu.

“Pencegahannya bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup dan menghindari pemicu karena masing-masing migrain karena penyebabnya bisa beragam,” katanya kepada Harian Jogja, Sabtu (7/7).

Perubahan sederhana yang bisa dilakukan yakni mempertahankan pola tidur teratur. Atau, setidaknya mulai merencanakan jam istirahat rutin yang teratur. Probosuseno menyampaikan, pola tidur yang tidak teratur seringkali menjadi penyebab munculnya migrain. Demikian halnya dengan tidur berlebih pada satu kesempatan tertentu juga bisa memicu munculnya sakit di salah satu sisi kepala itu.

Advertisement

Pola tidur teratur, katanya, bisa dilakukan dengan merencanakan durasi tidur yang sama setiap harinya. Selain itu, jam tidur dan jam bangun juga pada waktu-waktu yang sama. “Waktu tidur manusia dewasa itu 6-8 jam, pastikan antara durasi itu dan dilakukan dengan teratur,” kata dokter di RSUP dr. Sardjito itu.

Pola tidur teratur akan membuat tubuh bugar. Tetapi, kebanyakan orang saat ini memiliki kebiasaan bekerja hingga larut malam dan masih melanjutkan kegiatan lain di depan komputer atau ponsel. Padahal kondisi itu tetap menguras energi pikiran dan tenaga.

Dengan demikian, meski mengaku tengah melakukan kegiatan bersantai sejatinya tubuh dan pikiran tetap bekerja. Gaya hidup tersebut, kata Probosuseno perlu diperbaiki dengan meluangkan waktu setidaknya 15 menit per hari untuk mengurangi stres fisik dan mental.

“Buat tubuh dan pikiran tenang, bisa dilakukan dengan beberapa kali menghirup napas panjang untuk mendistribusikan oksigen ke bagian tubuh selain bisa untuk menenangkan diri,” urainya.

Advertisement

Sementara dari segi asupan makanan, pencegahan sakit kepala sebelah bisa dilakukan dengan berusaha mengonsumsi makanan segar.  Makanan segar bisa diperoleh dari sayur, buah segar, daging rendah lemak, dan banyak minum air. Untuk menjaga keseimbangan asupan, hindari juga daging olahan yang mengandung monosodium glutamate (MSG).

Yang penting diperhatikan, dokter Probosuseno menyampaikan, ketika migrain mulai dirasakan, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau mengurangi aktivitas untuk menurunkan tingkat stres. Beberapa cara selain membuat tubuh dan pikiran tenang bisa dilakukan dengan mengompres leher bagian belakang dengan es.

Menurut ahli gizi Jogja Homecare, Nurwanti, asupan gizi ke dalam tubuh perlu seimbang, tidak kurang ataupun berlebihan. Dikatakan dia, jenis asupan yang perlu diperhatikan untuk mencegah migrain yakni jenis kafein dan alkohol. “Jangan sampai kelebihan kafein, alkohol dan makanan pencuci mulut yang banyak MSG, dan pemicu migrain lainnya,” kata Nurwanti.

Jenis kafein seperti kopi, anggur merah dengan kadar alkohol tinggi, keju, dan cokelat dikatakan dia bisa menjadi pemicu migrain. Karenanya, perlu melakukan pembatasan dengan memperhatikan apa saja makanan yang sekiranya menjadi pemicu setiap kali migrain.

Advertisement

Adapun, kekurangan zat juga bisa menyebabkan munculnya migrain, misalnya gula darah dalam tubuh yang rendah. Menurut Nurwanti, kadar gula darah rendah merupakan salah satu pemicu migrain yang paling umum. Gejala-gejalanya beragam mulai dari lemas, gemetar, mudah iritasi, pusing, kelelahan dan pucat.

“Pola makan yang baik, dengan kaya serat dan gula terbukti bermanfaat. Sediakan makanan berserat dan sehat,” katanya.

Pemicu munculnya migrain sangat beragam. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Perubahan jam biologis seperti misalnya kurang tidur, tidur terlalu lama, terlambat atau lupa makan, dan terlalu lelah karena beraktifitas seharian

Advertisement

2. Perubahan hormon dalam tubuh pada perempuan seperti menstruasi, hamil, menopause atau penggunaan alat kontrasepsi internal

3. Makanan mengandung tyramin seperti keju yang umurnya tua. Selain itu makanan seperti coklat, pisang dan makanan ber-MSG atau asam juga dapat menimbulkan migrain pada beberapa orang yang sensitif

4. Lingkungan, asap rokok dan bau menyengat dapat menyebabkan migrain terhadap beberapa orang.

5. Cuaca, beberapa orang memiliki gen sensitif terhadap cuaca, perubahan suhu beberapa derajat saja bisa menyebabkan mengalami gangguan fungsi tubuh seperti migrain atau flu.

Resep alami mengurangi rasa sakit saat migrain bisa dilakukan dengan cara:

– Menenangkan pikiran, relaksasi pikiran dengan melakukan hobi santai seperti berkebun, mendengarkan musik atau kegiatan lain yang menyenangkan

Advertisement

– Mengatur pernapasan dan membuat tubuh menjadi rileks

– Berolahraga ringan secara teratur misalnya berjalan kaki atau bersepeda.

Diolah dari berbagai sumber

Advertisement
Kata Kunci : Migrain Tidut Teratur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif