SMP PLUS
Kuota Tidak Terpenuhi, Masih Ada 231 Kursi Kosong

PENDAFTARAN -- Seorang siswa sedang mengisi formulis pendaftaran program SMP Plus di SMPN 12 Solo. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)PENDAFTARAN -- Seorang siswa sedang mengisi formulis pendaftaran program SMP Plus di SMPN 12 Solo. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO — Kuota SMP plus di Kota Solo tidak terpenuhi. Dari 2.240 kursi yang tersebar di 10 SMP plus, masih ada 231 kursi yang kosong di empat SMP plus. Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Solo, Budi Setiono, mengungkapkan empat SMP plus yang kuotanya tidak terpenuhi yaitu SMPN 20 kekurangan delapan siswa, SMPN 21 kekurangan 58 siswa, SMPN 24 kekurangan 68 siswa dan SMPN 25 kekurangan 97 siswa.

“Karena kuota belum terpenuhi, akan dilakukan PPDB SMP plus periode dua bersamaan dengan PPDB online, 2-4 Juli,” jelasnya, Sabtu (30/6/2012). Tidak terpenuhinya kuota itu, ungkapnya, kemungkinan karena diberlakukan sistem klaster. Yaitu kebijakan seorang siswa dari SD tertentu hanya boleh mendaftar di satu SMP plus tertentu. Padahal puluhan siswa miskin sudah diterima di sekolah reguler melalui jalur PPDB keluarga miskin (Gakin). Sebagian karena nilainya bagus, kemungkinan siswa justru memilih mengikuti PPDB online. “Mereka yang ikut online, meski dari keluarga tidak mampu, tidak akan mendapatkan fasilitas siswa plus seperti seragam dan peralatan sekolah gratis,” ujarnya.

Bagi SMP plus yang kuotanya sudah terpenuhi bahkan jumlah pendaftar melebihi kuota, ungkapnya, sudah diimbau untuk memberitahukan kepada masyarakat yang kebetulan anaknya tidak diterima, agar mendaftar di SMP plus yang kuotanya tidak terpenuhi. Disdikpora sudah mengambil kebijakan untuk menghilangkan sistem klaster pada PPDB SMP plus periode kedua. “Siswa boleh menyeberang klaster. Aturan ini kami tetapkan karena situasional,” terangnya.

Pada pengumuman PPDB SMP plus Sabtu lalu, banyak orangtua yang kecele. Pasalnya pengumuman diundur dari pukul 10.00 WIB menjadi pukul 13.00 WIB.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »