News
Jumat, 29 Juni 2012 - 20:52 WIB

KA LEBARAN: 1 Juli, Stasiun Jebres-Purwosari Layani Penjualan Tiket Pukul 00.00 WIB

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Dwi Prasetya/Espos/dok)

ilustrasi (Dwi Prasetya/Espos/dok)

SOLO–Dua stasiun di Kota Solo, Stasiun Jebres dan Stasiun Purwosari, bisa melayani penjualan tiket kereta api (KA) ekonomi Lebaran pukul 00.00 WIB mulai Minggu (1/7/2012).

Advertisement

Selain dua stasiun itu, Stasiun Klaten, Lempuyangan dan Stasiun Wates juga bakal menerapkan aturan serupa. Kepala Humas Daops VI Jogja, Eko Budiyanto, menjelaskan kebijakan tersebut ditujukan untuk menjawab keraguan masyarakat terhadap kinerja penjualan tiket KA ekonomi. “Untuk kelancaran penjualan tiket dilayani H-90, termasuk tiket Lebaran. Jangan sampai kemudian ada pikiran tiket dijual ke calo, karena saat antre pukul 07.00 WIB di stasiun tiket sudah habis terjual,” terang Eko, kepada Solopos.com, Jumat (29/6/2012).

Eko menyadari banyak protes dari penumpang yang kehabisan tiket. Menurutnya, tiket habis saat loket dibuka memungkinkan terjadi karena penjualan tiket KA ekonomi bisa dilayani di luar stasiun, seperti di Indomaret, agen penjual, call center, dan lain-lain, mulai pukul 00.00 WIB.

Selain memberikan kesempatan beli tiket lebih awal, PT KA juga memberikan tambahan kuota untuk KA ekonomi. Sayangnya, tambahan tersebut tidak berlaku untuk KA yang berangkat dari stasiun di Daops VI Jogja. Tambahan KA ekstra Lebaran ekonomi hanya berlaku untuk KA Pasundan, KA Matarmaja, dan KA Mantab. “Tiga KA ekonomi itu tidak dikelola Daops VI Jogja, tapi melintasi wilayah Daops VI. Jadi bisa dipesan secara online dari wilayah Daops VI,” terang dia.

Advertisement

KA Pasundan memiliki rute Surabaya-Bandung, KA Matarmaja rute Malang-Pasar Senen, sedangkan KA Mantab dengan rute Madiun-Tanah Abang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif