OBAT HERBAL
Daun Bihanong Ampuh Obati Mag

Daun Binahong (agrisilk.com)Daun Binahong (agrisilk.com)

Daun dari tanaman di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satu contohnya, daun binahong yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan maag.

Tumbuhan binahong bisa ditemukan di sekitar pagar rumah atau merambat pada pohon besar. Selain untuk membantu memulihkan kesehatan lambung, daun binahong juga berkhasiat untuk penyembuhan penyakit lain seperti mengobati luka bakar, melancarkan peredaran darah, dan meringankan pegal-pegal.

Pakar herbal di Jogja, Ning Hermanto mengatakan, kandungan dalam daun binahong antara lain antimikroba yang reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi pada luka. “Khasiat daun binahong yang mengandung asam askorbat juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan,” katanya kepada Harian Jogja, Minggu (24/6).

Dikatakan Ning, manfaat daun binahong sebagai salah satu obat herbal beberapa di antaranya telah melalui uji klinis. Daun binahong menurutnya cukup unik karena selain mengandung etanol, tumbuhan ini juga mengandung antibakteri dan protein tinggi yang berguna untuk menutup luka misalnya peradangan karena mag.

Obati Mag

Sebagai obat herbal yang tidak memiliki efek samping, katanya, cara pemanfaatan daun binahong bisa dilakukan dengan cara direbus maupun digunakan langsung selagi segar. “Tergantung untuk pengobatan apa, kalau penyakit dalam yang air sari rebusan yang diminum, kalau penyakit luka bakar atau pegal-pegal yang diusapkan saja setelah ditumbuk atau dimemarkan,” katanya.

Untuk membantu penyembuhan maag, binahong bisa direbus dengan takaran lima atau tujuh lembar daun dengan air tiga gelas sampai. Untuk penderita maag sebaiknya dilakukan tiga kali sehari sebelum makan untuk mendapatkan rasa dingin di bagian mag yang luka. “Awalnya akan terasa perih karena kena luka, lalu panas di dalam itu reaksinya, tetapi aman dan menyembuhkan,” kata Ning.

Pemanfaatan daun binahong untuk kesehatan disarankan karena tumbuhan ini mudah didapatkan di berbagai tempat. Tanaman rambat ini kadang disebut juga dengan gendola atau bahasa latinnya Basella rubra Linn.

Menurut Ning, hampir semua bagian tanaman binahong dapat digunakan sebagai bahan terapi herbal. Bagian tanaman seperti umbi, batang dan daun memiliki khasiat beragam. “Umbinya kalau dipadu dengan rempah lain misal daun sirih, temulawak bisa untuk obati kencing manis dan radang usus besar,” ujar pengolah mahkota dewa sebagai obat herbal ini.

Editor: | dalam: Kesehatan |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »