Mas-mbak-sukoharjo
Sabtu, 23 Juni 2012 - 14:38 WIB

Menjadi Figur Duta Wisata Yang Ideal

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Moony Sinawang / Finalis no. 6

Moony Sinawang / Finalis no. 6

Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Tujuan wisata yang berjumlah lebih dari 20 tempat tersebar  di 12 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Sukoharjo. Selain kuantitas, potensi wisata di Kabupaten Sukoharjo juga memiliki unsur keunikan yang tidak dapat  ditemukan di daerah lain. Potensi wisata Kabupaten yang memiliki luas 46.666 Ha ini juga lengkap dan variatif. Dari wisata situs bersejarah, wisata modern, wisata alam, wisata religi, wisata sentra kerajinan hingga wisata kuliner pun tersedia di sini. Berbagai kebijakan juga telah diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam rangka mengoptimalkan potensi yang ada. Namun, dengan keunggulan – keunggulan tersebut pada kenyataannya daerah wisata di Kabupaten Sukoharjo belum mencapai puncak kepopuleran. Untuk daerah tujuan wisata di Jawa tengah, Semarang dan Surakarta masih lebih diminati wisatawan dibandingkan Sukoharjo. Padahal dengan potensi yang berlimpah, Kabupaten berslogan MAKMUR ini mampu bersaing dengan dua unggulan wisata tersebut.

Advertisement

Sebagai finalis Mas Mbak Kabupaten Sukoharjo, tanggung jawab mulia tersebut juga harus saya emban dengan sebaik-baiknya. Dalam rangka memajukan pariwisata Kabupaten Sukoharjo, di bawah ini beberapa rencana untuk merealisasikannya :

1. Selalu berbenah diri sehingga semakin menjadi figure yang ideal.

figure yang ideal adalah modal awal seorang duta wisata agar bisa mendapat kepercayaan. Dan kepercayaan itulah yang dapat mendekatkan rasa ketertarikan. Menanamkan ketertarikan terhadap apa yang ditawarkan oleh sosok tersebut juga akan lebih mudah. Figure yang ideal  juga sangat potensial untuk menjadi contoh bagi masyarakat atau pemuda khususnya untuk bangga dan mempromosikan wisata di Sukoharjo.

Advertisement

2. Mempromosikan secara aktif dan professional

Aktif disini selalu mencari celah melalui berbagai event atau acara serta media yang memungkinkan sebagai seorang Duta Wisata namun tetap berdasarkan proporsionalitas kepentingan. Agar semua berjalan sesuai apa yang diharapkan serta tidak saling merugikan maka dilaksanakan dengan skala prioritas. Professional disini diartikan harus mengetahui seluk beluk potensi wisata di Kabupaten Sukoharjo dengan baik agar dapat mempromosikan dengan baik pula.

3. Saling memberikan masukan dengan pemerintah

Advertisement

Sebagai pihak yang mempromosikan, maka erat kaitannya dengan tempat yang dipromosikan. Karena berhubungan langsung dengan wisatawan maka mengerti betul apa yang mereka harapkan dari wisata Sukoharjo. Seperti kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, membangun sarana prasarana pendukung serta memberikan rasa aman terhadap wisatawan. Jadi antara Duta Wisata dan pemerintah terjalin hubungan yang harmonis.

Tentang Penulis / Finalis no. 6

Nama : Moony Sinawang
TTL : Sukoharjo, 28 Maret 1994
Alamat : Ngromo RT 01/V Begajah, Sukoharjo
Motto : Dalam Segala Hal, Bukan Hasil yang Utama, Melainkan Proses
Perwakilan : Setda Kabupaten Sukoharjo

Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif