Mas-mbak-sukoharjo
Sabtu, 23 Juni 2012 - 15:12 WIB

Mengembangkan Pasar Kerajinan Sukoharjo untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dewi Rahmana / Finalis no. 20

Dewi Rahmana / Finalis no. 20

Kabupaten Sukoharjo telah memiliki potensi dari berbagai sektor baik pertanian, pariwisata, kerajinan, hingga makanan khas. Potensi-potensi tersebut ada yang sudah baik dan perlu ditingkatkan lagi atau diberi binaan dan perhatian agar pelaksaannya tetap berjalan lancar dan dapat mendorong perekonomian masyarakat Sukoharjo.

Advertisement

Dari letak geografisnya, Sukoharjo berada pada dataran rendah dan dilintasi oleh sungai Bengawan Solo yang menjadi pengairan atau irigasi untuk sektor pertanian tersebut. Selain itu penduduknya yang mayoritas hidup di pedesaan dan bekerja sebagai petani menjadikan hasil pertanian lebih dapat ditingkatkan untuk mencukupi kebutuhan pangan, bahkan Kabupaten Sukoharjo sendiri telah dikenal sebagai salah satu lumbung beras Nasional. Saya ingin agar hal ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya.

Di samping sumber daya alam, hasilnya yang juga berupa jamu tradisional dimana bahan bakunya dari tanaman empon-empon (apotek hidup) tersebut dapat dihasilkan sendiri dengan mengembangkan tanaman apotek hidup. Sehingga mutu dan kualitas dari jamu tradisional Sukoharjo terjamin dan dapat di kenal baik dari turis lokal maupun luar.

Selain pertanian masih ada Potensi lainnya berupa kerajinan dari yang memiliki nilai seni yang baik dan bernilai jual tinggi. Misalnya kerajinan seni ukir kaca, gamelan, rotan, gitar dimana semuanya memiliki kualitas yang baik.

Advertisement

Karya seni tersebut tidak hanya di pasar lokal namun diantaranya telah menembus hingga pasar mancanegara. Selain dari potensi kerajinan masih ada pariwisata yang saat ini cukup banyak dikenal oleh masyarakat seperti pandawa water world, batu seribu, makam kyai Balak yang terletak di desa Balakan, Waduk Mulur, dan beberapa dari tempat wisata tersebut masih perlu di kembangkan dan mendapat binaan agar lebih baik lagi dan lebih banyak di kenal masyarakat secara luas.

Saya ingin sekali mengembangkan pasar kerajinan Sukoharjo sehingga semakin banyak masyarakat yang lebih mengenal Kabupaten Sukoharjo dalam kerajinan, karena kami memiliki potensi kerajinan yang baik dari segi kesenian maupun segi keindahan. Dalam hal ini untuk lebih memperhatikan dan membina UKM agar kualitasnya dapat bersaing dipasaran domestik bahkan menembus pasar mancanegara, dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tentang Penulis / Finalis no. 20

Advertisement

Nama : Dewi Rahmana
Alamat : Tanjunganom jalan Jae 3, RT 02/05, Kwarasan, Grogol, Sukoharjo
Tempat tanggal lahir : Pekalongan, 02 Februari 1993
Motto : Hal terpenting adalah bukan apa yang ada dalam diri seseorang, tetapi bagaimana seseorang bisa menggunakan  semua hal yang ada dalam dirinya. Kita adalah arsitek  untuk kehidupan kita sendiri.
Perwakilan : Pribadi

Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif