Mas-mbak-sukoharjo
Sabtu, 23 Juni 2012 - 15:07 WIB

Antara Pemda, Duta Wisata dan Pariwisata

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Andhaniawan Mayrezqy Utomo / Finalis no. 17

Andhaniawan Mayrezqy Utomo / Finalis no. 17

MAKMUR. Itulah slogan kabupaten terkecil kedua di provinsi Jawa Tengah ini. Kabupaten yang memiliki daerah perbukitan disebelah timur dan selatan ini merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak objek daya tarik wisata (ODTW) baik alam, buatan ataupun budaya yang sangat potensial. Namun ada beberapa hal yang menghambat laju perkembangan pariwisata di Sukoharjo. Misalnya seperti warga Sukoharjo yang pada umunya lebih mengenal objek wisata yang ada di kecematan mereka dan paling ditambah satu atau dua objek wisata di kecamatan lain yang mereka ketahui.

Advertisement

Keadaan tersebut mengindikasikan bahwa promosi yang dilakukan pemda tentang pariwisata di wiliyah Sukoharjo sendiri bisa dikatakan masih kurang. Mungkin pemerintah bisa berkata bahwa mereka telah melakukan promosi di dalam maupun di luar daerah, tetapi pada kenyataan di lapangan masih saja kurang. Hal lain yang menghambat perkembangan pariwisata di Sukoharjo antara lain rusaknya sarana dan prasarana objek wisata serta infrastruktur menuju lokasi ODTW tersebut.

Salah satu upaya pemkab Sukoharjo untuk mempromosikan pariwisata yaitu dengan cara pemilihan Duta Wisata Mas & Mbak Sukoharjo 2012 yang saat ini telah terpilih 12 pasang finalis Mas & Mbak Sukoharjo.

Para finalis dari berbagai kecamatan di Sukoharjo akan menjalani serangkaian orientasi lapangan dan pembekelan untuk menuju Grand Final yang akan diselenggarakan hari Selasa tanggal 3 Juli 2012 mendatang di Pendopo Graha Satya Praja Setda Kab. Sukoharjo. Dan yang keluar sebagai duta wisata diharapkan bisa mempromosikan lebih jauh lagi pariwisata Sukoharjo ke daerah lain.

Advertisement

Namun dukungan pemda yang tidak setengah hati dalam mengalokasikan anggaran di sektor pariwisata menjadi faktor utama kemajuan pariwisata daerah. Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Sukoharjo yang mencapai 680 miliyar tahun ini seharusnya bisa dipertimbangkan dengan nilai yang logis untuk sektor pariwisata.

Tugas Duta Wisata tak ubahnya hanyalah mengenalkan produk pariwisata yang dimiliki pemda ke masyarakat luas. Bukan menjadi aktor utama pengembangan potensi daerah bidang pariwisata. Jikalau produk pariwisata yang dimiliki pemda memiliki kualitas yang baik, masyarakat pada umumnya akan memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut. Kemana arah pariwisata akan dibawa duta wisata dan peran duta wisata pun menjadi lebih jelas. Tapi, masyarakat Sukoharjo juga harus berperan aktif dalam menjaga kelestarian objek wisata mereka agar tetap eksis dimasa mendatang.

Tentang Penulis / Finalis no. 17

Advertisement

Nama : Andhaniawan Mayrezqy Utomo
Tempat, Tanggal Lahir : Sukoharjo, 26 Mei 1993
Alamat : Kedungsari RT.4/1 Kepuh, Nguter-Sukoharjo
Motto : “Hari ini dan besok saya bisa makan”
Perwakilan : Kecamatan Nguter

Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif