Daun Salam Ampuh Turunkan Kolesterol

ilustrasiilustrasi

Berbagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan memiliki khasiat masing-masing. Salah satunya, daun salam dengan salah satu manfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Untuk penyedap masakan, daun salam seringkali disertakan karena menghasilkan aroma sedap dari kandungan minyak atsiri sitral dan eugenol.

“Sifatnya hipoglikemik atau bisa menurunkan kadar, dalam hal ini kolesterol, meski bisa juga digunakan sebagai obat herbal beberapa penyakit,” kata pengelola Jamu Jogja yang terletak di Jalan Magelang, Kurniati, Kamis (21/6).

Seperti bahan herbal lainnya, konsumsi daun salam untuk pengobatan tidaklah rumit. Cara konsumsi biasanya dicampurkan dengan air dan direbus, setelah itu air rebusan diminum dengan pada saat tertentu.

Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang diproduksi di dalam liver dan berasal dari makanan berlemak yang biasa kita konsumsi. Dua jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein yang menempel pada pembuluh darah dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein.

LDL merupakan penyebab berbagai macam penyakit jika jumlahnya berlebih, dengan demikian LDL dalam tubuh perlu dikendalikan. “Nah kolesterol LDL salah satunya bisa dikendalikan dengan menggunakan daun salam. Rebusan daun salam yang dikonsumsi setiap hari ternyata mampu mengontrol kolesterol jahat itu,” tegas Kurnia.

Menurutnya, untuk penderita kolesterol tinggi bisa meramu minuman herbal daun salam dengan mengambil tujuh lembar daun salam untuk direbus di dalam tiga gelas air diminum pagi dan sore. “Rebus hingga menyisakan segelas air daun salam, akan lebih baik kalau merebus dicampur 30 gram daun cermai,” ujar dia.

Lebih lanjut, dikatakan apoteker Septi Dwi, selain sitral dan eugenol, daun salam juga memiliki kandungan kimia lainnya yakni tannin dan flavonoida sebagai zat yang mampu menurunkan kolestrol. Diketahui, kandungan tersebut juga berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, zat aktif eugenol dan etanol dalam daun salam dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit perut. “Secara pengobatan ada juga yang memilih menghambat diare dengan rebusan daun salam, secara kimiawi memang ada zat untuk menghambat bakteri E.Coli,” kata Septi.

Editor: | dalam: Kesehatan |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »