Sport
Rabu, 20 Juni 2012 - 06:54 WIB

Akhirnya, Rooney Akhiri Paceklik Gol di Turnamen Besar

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

foto: dtc

Advertisement

foto: dtc

DONETSK — Gol Wayne Rooney ke gawang Ukraina tak hanya berarti bagi Inggris, tetapi juga bagi dirinya sendiri. Sebab, dengan gol itu Rooney mengakhiri paceklik golnya di turnamen besar.

Advertisement

Rooney kembali ke dalam skuat Inggris setelah menjalani skorsing dua pertandingan. Ia langsung dipasang sebagai starter oleh Roy Hodgson, berduet dengan rekannya di Manchester United, Danny Welbeck.

Di babak pertama, Rooney mendapatkan sebuah peluang. Namun, sundulannya menyambut sebuah umpan silang dari kiri belum menemui sasaran. Sundulan itu masih menyamping tipis di sebelah kiri gawang Andriy Pyatov.

Rooney akhirnya membayar tuntas peluang yang gagal tersebut di babak kedua. Tepat pada menit ke-48, Steven Gerrard mengirim umpan dari sisi kanan lapangan. Bola tersebut gagal dihalau oleh bek Ukraina dan gagal ditangkap oleh Pyatov. Rooney, yang berada di tiang jauh, langsung menyambarnya dengan sundulan.

Advertisement

Inggris unggul 1-0 dan skor tersebut pun bertahan hingga akhir laga. The Three Lions pun lolos ke perempatfinal dengan status juara grup lantaran di saat bersamaan Prancis kalah 0-2 dari Swedia.

Bagi Rooney sendiri, gol tersebut mengakhiri puasa golnya di turnamen besar. Terakhir kali ia mencetak gol di turnamen besar adalah pada Piala Eropa 2004. Dua gol terakhirnya hadir ketika Inggris mengalahkan Kroasia 4-2 di laga terakhir grup.

Setelahnya, Rooney hanya mampu mencetak gol di sesi kualifikasi Piala Dunia 2006, kualifikasi Piala Eropa 2008, dan kualifikasi Piala Dunia 2010. Ia gagal menyumbang gol kala bermain di panggung akbar Piala Dunia 2006 dan 2010, serta Inggris sendiri tidak lolos ke perhelatan Piala Eropa 2008. JIBI/SOLOPOS/dtc

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif