Soloraya
Senin, 18 Juni 2012 - 20:30 WIB

PADI MEMBRAMO: Stok Benih Padi Membramo Kosong, Petani Kecele

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Sejumlah petani kecele saat ingin membeli benih padi jenis membramo di Kebun Benih Padi Banyudono, Boyolali, Senin (18/6/2012) pagi. Sebab, kebun benih yang menginduk ke Balai Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura Wilayah Surakarta tersebut, tak memiliki stok benih jenis padi yang dimaksud.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kantor itu sekitar pukul 10.00 WIB, petani yang datang antara lain dari Trayu dan Gabahan, Desa Bangak, Kecamatan Banyudono. Mereka mencari benih padi membramo untuk dipersiapkan dalam musim tanam nanti. Petugas penjualan benih kantor setempat merujuk petani membeli benih ke Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB). Balai itu terletak di Tegalgondo atau di wilayah dekat perempatan Klewer, Gatak, Sukoharjo.

Terpisah, Kepala Kebun Benih Padi Banyudono, Sutarno, mengaku belum memperoleh sumber benih IR 64 dan Membramo. “Sebenarnya sudah boleh tapi sementara benih, sumbernya hanya di Palur yang mendapat penunjukan [dari Dinas Pertanian Jateng],” kata Sutarno saat ditemui Solopos.com di kantornya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Benih Padi MEMBRAMO
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif